Pulau Samalona





Dalam rangka acara pembubaran kepanitian SemNas Teknik Pertambangan Unhas, saya dan teman-teman menyepakati acara pembubarannya dilaksanakan di Pulau Samalona.  Alasan kami memilih tempat ini karena rasa penasaran dengan pulau ini.


Samalona merupakan pulau kecil yang tidak jauh dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Di sana terdapat pantai berpasir putih dan lautan biru jernih. Suasananya dijamin mampu melepas kepenatan. Kecantikannya pun bakal membuat Anda terpesona! Wajar banyak diminati oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun luar negeri.  Pemandangan cukup indah, paparan pasir putih mengelilingi pulau ini yang menjadi salah satu  factor ketertarikan  wisatawan ke sini.
 

Perjalanan ke Samalona dimulai dari dermaga di dekat Pantai Losari, atau juga bisa dari dermaga di dekat Benteng Fort Rotterdam. Untuk bisa sampai ke pulau Samalona kami menggunakan speed boat dengan kapasitas 10 orang dan membutuhkan waktu sekitar 25 menit dari Makassar. Anda harus pintar-pintar untuk menyewa kapal, supaya dapat harga yang murah. Saya mendapat harga lumayan murah yaitu Rp 450 ribu untuk perjalanan pergi-pulang (sabtu berangkat dan minggu pulang).
 
Pulau Samalona ukurannya cukup kecil. Luas area pulau samalona  ± 1,5 hektar. Jadi, tidak sampai satu jam untuk mengitari pulau ini. Kalau ke Samalona, saya sarankan untuk menghabiskan waktu di tepian pantai yang berpasir putih. Berburu foto di pantainya juga asyik!






Pulau ini juga fasilitas yang cukup memadai, ada musholah, toilet, saung, dan warung. Serta, ada homestay juga di Samalona. Selain itu, di sini juga disediakan penyewaan alat snorkling. Jadi yang punya hobby snorkling nda ada salahnya untuk mencoba menikmati indahnya bawah laut pantai samalona.






Bagi teman-teman berwisata ke kota Makassar, jangan lupa mampir di pulau Samalona. sebagai tambahan, untuk bisa menikmati indah pantai samalona sebaiknya bermalam semalam agar bisa menikmati sunrise dan sunset.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar