Sumber: http://portal.paseban.com/article/12390/suara-beep-pada-komputer


Ini adalah sebuah kisah anak kampung yang kuliah di kota besar. Sebut saja namanya gandu_mentox yang biasa dipanggil gandu. Beliau berasal dari muna sulewesi tenggara  yaitu sebuah pulau kecil yang masih menjujung tinggi adat istiadat daerah tersebut. Tepatnya tahun 2009 beliau lulus di perguruan tinggi negeri yang ada di makassar, sulawesi selatan.

Kuliah diperguruan tinggi negeri terbesar di indonesia timur yakni universitas hasanuddin merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi gandu, orang tua maupun pihak sekolah sewaktu sma. Hal ini gdisebabkan alumni dari sma beliau masih sedikit yang kuliah di kampus terkenal tersebut. Bagi gandu ini adalah rezeki terbesar yang perlu disyukuri karena teman2 dan orang tuanya hanya berharap untuk melanjutkan sekolah di tempat yang dekat-dekat saja dan akan membutuhkan banyak biaya.

Tepat pada tanggal 22/08/2009 merupakan kuliah perdana bagi mahasiswa unhas. Beliau sangat senang, dalam hatinya berkata “ wahh,, sekarang jadi mahasiswa…” sambil berjalan menuju kampus sekitar 500 meter dari rumah kosnya. Sesampai dikampus beliau heran “ waahh,,,,banyak sekali  mahasiswa.. Dari mana saja mereka? Apakah dari selawesi selatan semua atau dari daerah lain?

Sesampai di ruang kelas beliau  langsung mengambil  kursi kosong, untuk saat ini beliau masih minder saman teman2nya karena merasa dari kampung yang kebetulan beliau cuman sendiri mahasiswa yang berasal dari muna selain gaya bahasa/logat beliau masih sangat kental ditambah lagi masih gaptek dan tidak tahu sekali perkembangan teknologi.

Suatu hari  dosennya memberikan tugas yakni mencari referensi2 tambahan di internet. Dalam benak beliau bertanya lagi waahh gimana ini? Saya belum pernah cari data di dunia maya apalagi pergi ke warnet…  tiba-tiba dozen tesebut bertanya siapa disini yang dari luar makassar? Akhirnya beliau mengancungkan tangan dan melihat di samping kiri dan kanannya wahh sebanyak 80 % barasal dari luar makasssar.

Selanjutnya dozennya menjelaskan bahwa tugasnya dikirim lewat e-mail! dalam benak beliau bertanya-tanya lagi waaahhhh apa itu e-mail? Bagaimana dibuat…???!! Perlu banyak belajar lagi masalah teknologi ini,,, maklum di daerah beliau tinggal sewaktu sma tidak ada internet..

Akhir pekuliahan beliau meminta temannya yang berasal dari tenggara mengajaknya teman untuk mengajarnya yang merasa oon di dalam kelas dibanding teman2nya yg lain.  2 jam bermain di warnet akhirnya beliau agak tahu sedikit tentang dunia maya dan berkenalan  sama om google serta kawan2nya yang lain…

Pada saat itu beliau berjanji tidak mau kalah sama2 teman-temanya yang lain tetang teknologi apalagi dunia internet yang sumber segala informasi.

Tak  ada kata TERLAMBAT untuk Belajar, di mana ada KEMAUAN di situ ada JALAN.
ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar