STADIUM GENERAL TEKNIK PERTAMBANGAN UNHAS




11 november 2013 kemarin sempat mengikuti kuliah umum atau Stadium general yang diadakan oleh Teknik Pertambangan Unhas di G. IPTEKS. Stadium Genelar ini disampaikan oleh bapak Feri Indriyana selaku Mine Plane Controlling Manager pada PT. Berau coal. Adapaun Topik yang disampaikan yakni “ Perencanaan Tambang dan Penambangan Batubara pada PT. Berau Coal.
Antusias dari sejumlah mahasiswa cukup mempengaruhi ruangan kegiatan (hampir full) Memang kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh kalangan mahasiswa di mana umumnya masih awan tentang dunia kerja. apalagi perkembangan sekarang menuntut mahasiswa harus  memiliki tiga point dasar yaitu: Attitude, knowledge dan skill tutur ketua program studi teknik pertambangan universitas hasanuddin, bapak sri widodo.
Sedikit kutipan materi yang disampaikan oleh Pak Fery:
1.    Misi dari PT. berau Coal itu sendiri mencakup 2 aspek yakni lingkungan dan kesejehtraan masyarakat
2.    PT. Berau coal memiliki 3 Site yakni Latih, Samburata, dan Biungan
3.    perencanaan yakni proses yang berulang-ulang.
4.    Perencanaan tambang membutuhkan data-data seperti: data geologi, data geoteknik, dan data hidrologi
5.    Jika dari ke -3 data tersebut ada yang salah maka perencanaan tambang akan salah semua, olehnya mine plane engineer harus tahu filosofi dari ke-3 data tersebut
6.    Ada kelakar ketika seorang geologist memiliki kesalahan “siapa yang memastikan sesuatu yang di bawah tanah”
7.    Adapun tahapan pekerjaan pada perencanaan tambang yakni dimulai dari update model geologi dan topografi, pemetaan kendala permukaan kampong, pemetaan kendala geoteknik dan hidrologi, melakukan pit optimasi, penentuan sumberdaya dan cadangan, design penambangan,mining sequence, minig scheduling, penentuan nilai ekonomi dan terakhir perencanaan reklamasi dan penutupan tambang.

Ucapan terima kasih kepada teknik pertambangan universitas hasanuddin yang telah mengadakan kegiatan ini dan pak feri yang telah membarikan materi serta sharing pengalaman sehingga memberi pengetahuan baru bagi kami mahasiswa teknik pertambangan terkhusus saya pribadi.
Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut…… see you in next stadium general
Jayalah teknik pertambangan universitas hasanuddin   
KEEP ON MINING TILL THE END!!!!
DIG THE PAST FOR THE BRIGHTEN FUTURE

1 komentar