Survey menggunakan Aplikasi ePAKSI



Apa sih ePAKSI?
ePAKSI merupakan singkatan dari Elektronik Pengelolaan Aset Irigasi dan Kinerja Sistem Irigasi. Aplikasi e-Paksi merupakan aplikasi survey berbasis android yang digunakan untuk pengambilan data survey inventaris asset jaringan irigasi, asset non jaringan irigasi dan kinerja asset irigasi. Cukup medownload pada play store maka anda dapat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini tak bergitu berat. Selain itu aplikasi ini terhubung langsung dengan google map.

Tiga item yang menjadi menu utama dalam aplikasi ini yakni PAI/Aset Jaringan Irigasi, PAI/Aset Non Jaringan Irigasi dan IKSI/Penilaian Kinerja Sistem Irigasi. Masing-masing menu ini memiliki form isian yang mesti diisi saat survey nanti. Selain 3 menu utama di atas, terdapat 3 menu tambahan yakni Home, Laporkan dan Pengaturan. Menu Home dan Laporkan nanti diceck sendiri sedangkan menu pengaturan berisi data surveyor, tahun survey, jarak akurasi dll.

Apa-apa saja sih muatan tiap menu tersebut?
PAI/Aset Jaringan Irigasi
Untuk menu ini, terdapat berbagai jenis asset yang berkaitan dengan jaringan irigasi. Terbagi dalam 3 (tiga) kelompok yakni kelompok A (Bangunan Utama), B (Bangunan Pengatur/Akhir), dan C (Bangunan Pelengkap). Kelompok A, meliputi : Saluran Primer, Saluran Sekunder, Saluran Tersier, dll. Kelompok B, meliputi : Bangunan Bagi, Bangunan Bagi Sadap dll. Kelompok C meliputi : Gorong-gorong, Jembatan, Talang, Tempat cuci, dll.

Jenis Bangunan pada E-paksi


Jenis Bangunan pada E-paksi

PAI/Aset Non Jaringan Irigasi

Sama halnya dengan menu pertama di atas, kita akan mengisi form jika menemukan bangunan non aset seperti gambar di atas. Silahkan isi form tersebut sesuai petunjuk dalam aplikasi.

Tipe  Aset Non Jaringan

IKSI/Penilaian Kinerja Sistem Irigasi
Setiap asset maupun non asset yang telah dimasukkan datanya akan ketahuan juga pada menu ini. Kita menilainnya berdasarkan form yang ada dalam aplikasi ini. Penjelasan mengenai penilaian dapat juga dilihat pada gambar berbentuk huruf I pada pojok kanan setiap form. Tinggal mengklik itu, maka akan muncul  informasi tambahan mengenai penilaiannya.

Hasil Penilaian e-Paksi
Form Penilaian Aset non Irigasi

Cara penggunaan :
Setelah mengetahui item-item yang terdapat dalam aplikasi, selanjutnya bagaimana cara menggunakannya? Pada dasarnya  ketiga menu utama tadi saling berhubungan. Secara umum cara kerjanya adalah TEMUKAN ASETNYA KEMUDIAN BERI PENILAIAN PADA ASET TERSEBUT.

Pada dasarnya untuk bisa menilai, kita mesti mengetahui apa yang harus dinilai. Olehnya itu sebelum ke menu penilaian, seharusnya kita sudah menyelesaikan invetaris asetnya (Menu Pertama).

Menemukan Aset
Setiap salurang kadang memiliki asset penunjang (setiap Kelompok A kemungkinan ada kelompok B didalamnya). Misal kita menemukan saluran primer, maka prosesnya sebagai berikut:
Pertama, Data yang mesti diisi jika menemukan saluran meliputi : Nama Saluran, Nomenklatur, Kepemilikan, Luas Area, Q Desain dll. seperti ditunjukan gambar berikut:


Bentuk Form Isian E-Paksi

Bentuk Form Isian E-Paksi

Kedua, Sepanjang saluran, kemungkinan kita menemukan bangunan asset lainnya (kelompok B atau kelompok C tadi) maka pilih pilihan tambahkan. Kemudian akan muncul kembali tampilan form isian asset tersebut. Begitu terus selanjutnya, jika menemukan asset dalam satu jalur saluran wajib ditambahkan.
Point Penting
Pertama, Aturan mengkahiri saluran ketika menemukan bagunan bagi atau bangunan bagi sadap (berlaku untuk menu pertama/Aset).
Kedua, Setelah mengisi form data bangunan bagi atau bagunan bagi sadap pilih lanjutkan tracking maka ke menu utama kembali yakni mengisi jenis saluran. Entah itu lanjutan saluran sebelumnya (primer) atau saluran baru (sekunder dan tersier).
Ketiga, Pastikan tak ada bangunan asset atau non asset yang tidak dimasukan dalam data
Ketiga, Hal terakhir yang mestil dilakukan setelah survey yakni melakukan singkronisasi. Untuk melakukan sinkronisasi kita masuk ke menu pengaturan. Pastikan jaringan internet baik sebelumnya melakukan sinkronisasi agar proses sinkronisasi tidak terkendala.

Manfaat dari aplikasi :
Pertama, Memudahkan survey di tahun-tahun mendatang;
Kedua, Aplikasi didesain untuk android, mudah diperoleh dan dapat digunakan oleh siapapun;

Untuk saat ini penjelasan ePaksi cukup sampai di sini. Saya sadari ini belum sempurna dan masih perlu perbaikan. Insya allah akan selalu diupdate jika menemukan tambahan informasi yang didapat saat di lapangan/Survey. Semoga bermanfaat!

ooO Safaruddin Iyando Ooo

21 komentar

  1. aplikasinya bagus yaah, sangat bermanfaat bagi orang banyak

    BalasHapus
  2. salaaam
    semoga sehat selalu
    mohon pencerahan, di mana saya bisa mendapatkan bahan2 panduan untuk menyusun epaksi aknop irigasi rawa, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam. aamiin. terimah kasih sudah berkujung.
      maaf, saya belum pernah menyusun seperti apa saudara tanyakan. mungkin bisa baca referensi berikut https://bpsdm.pu.go.id/center/pelatihan/uploads/edok/2019/02/9277d_MDL_Pengetahuan_Dasar_AKNOP_Jaringan_Irigasi.pdf

      Hapus
  3. Saya sudah download aplikasi ePAKSI. Saya coba login tapi tdk berhasil. Apakah saya harus daftar dulu? bgm caranya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru respon. Sependek pengetahuan saya ada sosialisasi dari SDA Provinsi mengenai aplikasi ini. bisa konsultasi terlebih dahulu di Provinsi untuk loginnya. terimah kasih

      Hapus
  4. 𝚄𝚍𝚊𝚑 𝚔𝚞 𝚌𝚘𝚋𝚊, 𝚊𝚐𝚊𝚔 𝚛𝚒𝚋𝚎𝚝 𝚔𝚊𝚛𝚗𝚊 𝚋𝚎𝚕𝚞𝚖 𝚔𝚎𝚋𝚒𝚜𝚊, 𝚝𝚊𝚙𝚒 𝚝𝚛𝚞𝚜 𝚍𝚒 𝚊𝚙𝚍𝚎𝚝..

    BalasHapus
    Balasan
    1. upss, gitu ya.
      bagaimana sekarang? sudah bisa digunakan?

      Hapus
  5. Mau bertanya pak, apakah satu hp/gadget hanya bisa untuk satu lokasi/satu akun saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru respon, 1 HP untuk 1 akun, dan bisa digunakan untuk beberapa lokasi.
      sependek pengetahuan saya. setiap lokasi DI punya user ID masing-masing.

      Hapus
  6. Permisi ingin bertanya. Saya dpt tawaran job sbg surveyor epaksi. Kalau boleh tau apakah saya yg mahasiswa akhir kira2 dpet mengerjakannya dan kira kira fee nya kisaran brp ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tentunya. kalau fee saya kurang tahu pasti berapa.

      terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  7. Klo boleh tau, apa saja yg mnjadi kekurangan/kelemahan dari apl. e-Paksi ini???

    BalasHapus
  8. Klo boleh tau, apa saja yg mnjadi kekurangan/kelemahan dari apl. e-Paksi ini???

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap aplikasi tentu masih ada kekurangan. kemungkinan ada, hanya karena belum mengotak atik secara keseluruhan. sejauh ini belum menemukan kendala.

      Hapus
  9. Apakah ada tuttorial nya misal dr bendung sampai ke bangunan sadap 1? Makasih

    BalasHapus
  10. mau tanya, kenapa epaksi saya kalau kamera tidak bisa menggunakan kamera lain selain kamera bawaan hp. contohnya apliksi kamera time stamp. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aplikasi ini hanya terhubung dengan kamera bawaan hp

      Hapus
  11. bagaimana cara login atau masuk ke aplikasi epaksi?

    BalasHapus