Serba – serbi survey Aset jaringan irigasi dengan e-PAKSI

Saluran Tersier dintara sawah

Jika ditanya, senang yang mana? kerja di lapangan atau di kantor? Masing-masing orang memiliki alasan sendiri untuk memilih. Termasuk saya sendiri, lebih senang ke lapangan daripada di kantor. Bagi saya survey atau ke lapangan termasuk bagian dari jalan-jalan di mana kita bisa mendapatkan 2 hal yakni TAHU dan MENEMUKAN.   Bisa tahu apa yang belum kita ketahui, Bisa menemukan apa yang belum kita temukan.
Kali ini hendak bercerita mengenai survei asset jaringan irigasi dengan menggunakan aplikasi e-PAKSI. Apa itu e-Paksi? Nih penjelasannya ada pada tulisan saya sebelumnya pada link berikut : Cara Menggunakan Aplikasi  e-Paksi

Namanya juga servei jaringan irigasi, maka yang akan ditemukan di lapangan adalah: Bendungan, saluran irigasi, sawah, petani, hewan ternak, biru langit, putih awan dll.


Jenis Bangunan Irigasi



Saluran Primer Jaringan Irigasi



Diskusi bersama Petani


Selfi bersama orang-orangan sawah
Langit Biru

Tim e-Paksi

 
Hal – hal apa saja yang mesti disiapkan jika melakukan survey?
Satu, HP yang terinstall aplikasi e-Paksi (kalau tak terinstall aplikasi kan tak bisa berjalan surveynya, hpnya cuman bisa photo-photo saja).
Dua, Peta Jaringan Irigasi (mempermudah survey)
Tiga, Powerbank (Takutyan HPnya lowbet, jika hp lowbet tentunya survey berakhir dengan sendirinya walaupun hari masih terlalu pagi)
Empat, Papan site + Alat tulis (jika tak ada data penting yang mesti ditulis bolelah sekali-kali melukis, pemandangan sawah yang tentunya mengagumkan)
Lima, Parang (Persiapan ketika jalan inpeksi tertutup tumbuhan liar)
Enam, Air minum + snack (persiapan ketika haus dan perut keroncongan)
Tujuh, Mantel atau Payung (antisipasi hujan)

ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar