Mengelola Keuangan dengan mengetahui besarnya PENGELUARAN

Mengelola Keuangan

Senang rasanya jika kita sudah berpenghasilan sendiri. Tak tergantung lagi pada orang tua atau siapapun untuk membeli sesuatu. Jika butuh atau ingin tak mesti menggerutu lagi pada orang tua.
Namun ada hal yang mesti Jadi perhatian bagi mereka yang sudah memiliki gaji / penghasilan sendiri yakni bagaimana mengelola gaji / uang yang diperoleh tersebut.
Ada banyak yang menyesal atau tersadarkan ketika telah berjalan bertahun-tahun. Ternyata selama ini salah mengelola keuangannya.
Banyak hal yang menjadi perhatian dalam mengelolah keuangan, salah satunya bagaimana kita mengetahui pengeluaran kita dalam sehari, sepekan atau sebulan?
Olehnya itu kita mesti membuat daftar pengeluaran kita seperti tabel berikut :
Daftar Pengeluaran

Dari table di atas, terdapat 7 (tujuh) jenis pengeluaran dalam sebulan. Jenis pengeluaran bisa ditambah atau dikurangi tergantung kebutuhan masing-masing orang. Jenis pengeluaran di atas saya kira cukup jelas. Untuk kategori “lain-lain” biasa saya mengisinya dengan pengeluaran yang sifatnya dadakan atau tak direncanakan dan statusnya butuh dan penting.
Dengan rutin membuat daftar pengeluaran, maka kita akan mengetahui berapa besar pengeluaran kita dalam sehari, seminggu atau sebulan?
Dengan demikian kita bisa mengurangi kebutuhan yang memang kurang penting dan mendesak dengan kebutuhan lain atau membuat strategi baru untuk memenuhi kebutuhan kita.
Selain bertujuan memenuhi kebutuhan, setidaknya kita bisa memastikan bahwa kita bukan termasuk dalam sindiran “Besar Pasak daripada Tiang”.

ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar