Bermain “BANANA Grams”

Banana Grams


Saya sendiri mengartikan permain ini yakni permainan menyusun kata dengan menggunakan ubin  (Tile). Kata yang disusun tentunya dalam Bahasa inggris, tapi kadang iseng saya dan teman-teman susun katanya menggunakan Bahasa indonesia. Permainan ini didesain oleh Abraham Nathanson dari Rhode island (Salah satu Negara bagian Amerika serikat) dan dipublikasikan januari 2006 kemarin.
Ada beberapa istilah yang mesti kita ketahui dalam permainan ini, diantaranya :
Bunch
Bunch dalam Bahasa inggris berarti Ikat, serangkai, menyatukan sedangkan dalam game ini kumpulan ubin.
Split
Ucapan atau Yel dari permainan ini yang menandakan permainan dimulai.  Bermakna sama dengan permainan lain yang bisa disebut  start atau mulai atau menggunakan alat bantu peluit dan sebagainya.
Peel
Dalam Bahasa inggris berarti kulit, ulas sedangkan dalam game ini digunakan ketika kita telah menyelesaikan penyusunan dengan ubin yang kita miliki dan semua peserta harus mengambil 1 ubin pada Bunch jika ada menyebut “Peel”
Dump
Mengembalikan Ubin ke Bunch dengan aturan mengembalikan 1 ubin dan mengambil 3 ubin.   Dalam permainan dilakukan ketika kita sudah sulit menyusun kata dari ubin-ubin tadi. Dengan mengucapkan “Dump” berarti kamu mesti mengembalikan 1 ubin dan mengambil 3 ubin pada Bunch.
Bananas
Menyelesaikan Permainan.
Ini dilakukan ketika kita selesai menyusun rangkaian ubin secara sempurna dan Ubin pada bunch telah habis. Namun ada kosekuensi yang diterima ketika ditemukan rangkaian ubin yang salah yakni mengembalikan semua ubin yang dimiliki dan peserta lain melanjutkan kembali permainan dan kita berstatus “kalah” dalam permainan ini.
BananaGrams

Cara Bermain :
Permainan dapat dimainkan 2 orang atau lebih dengan aturan sebagai berikut :
Jika dimainkan 2-4 orang maka ubin yang diambil 21 buah
Jika dimainkan 5-7 orang maka ubin yang diambil 15 buah
Jika dimainkan lebih dari 7 orang maka ubin yang diambil 11 buah.
Pertama
Letakkan ubin tadi yang totalnya 144 ubin ditengah-tengah, ini yang disebut Bunch. Kemudian masing-masing orang mengambil ubin (disesuaikan dengan jumlah peserta yang ikut bermain).
Kedua
Jika masing-masing sudah siap dengan ubinnya, maka salah satu dari peserta mengucapkan “Split” pertanda permainan dimulai.
Ketiga
Susunlah ubin-ubin yang kita miliki secepat mungkin secara vertical maupun horizontal, gunakan yel-yel atau atura–aturan di atas tadi (Peel, Dump, Bananas) untuk membantu menyelesaikan permainan ini. Selamat bermain!
“Buatlah hari-harimu menyenangkan, salah satu dengan bermain game bersama teman-teman”

Banana Grams

BananaGrams




ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar