PROPOSAL KERJA PRAKTEK


I.     PENDAHULUAN
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang dengan sangat cepat saat ini, menuntut pula adanya suatu peningkatan dari sumberdaya manusia sebagai pengguna teknologi tersebut, ilmu pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan, dimana kebanyakan hanya berkutat pada teori tanpa adanya aplikasi lapangan, dirasakan belum cukup untuk dapat mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan. Kadang keterampilan maupun pengetahuan yang diperoleh bukan berasal dari bangku kuliah justru dirasa lebih bermanfaat dalam memenangkan suatu kompetisi masa depan.
Sejalan dengan perkembangan zaman, ternyata kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah merambah pada semua sendi kehidupan manusia, salah satunya adalah pada teknologi yang digunakan dalam proses penambangan dan pengolahan suatu sumber daya mineral dan batubara yang bernilai ekonomis, yang kini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, berbagai metode telah dikembangkan disertai dengan penggunaan alat - alat canggih sebagai alat bantu yang lebih efisien dan berdaya guna telah lama digunakan. Namun dengan begitu majunya perubahan yang telah terjadi, ternyata tidak menutup kemungkinan untuk dapat dikembangkan lagi suatu metode metode yang lebih sempurna dan tentu saja lebih murah.
Disamping itu, kurikulum pendidikan yang berlaku di Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT – UH), mewajibkan setiap mahasiswanya untuk melakukan suatu kerja praktek pada suatu perusahaan ataupun industri, kemudian hasil dari kerja praktek tersebut dapat digunakan sebagai suatu studi kasus khusus (spesifikasi), yang merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh gelar sarjana  program  pendidikan     Strata – I dalam bidang pertambangan.
Berdasarkan atas berbagai pertimbangan yang telah dikemukakan diatas, dengan ini saya bermaksud untuk melaksanakan Kerja Praktek (On Job Training) pada perusahaan yang Bapak pimpin. Oleh karena itu saya sangat berharap kiranya perusahaan dapat membantu kami dalam rencana kegiatan Kerja Praktek (On Job Training ) ini.
II.  SASARAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK
Sasaran yang diharapkan dari pelaksanaan kerja praktek ini yaitu mahasiswa yang melakukan kerja praktek dapat mengetahui dan memahami rencana penambangan mulai dari penaksiran sumberdaya dan cadangan cadangan sampai evaluasi finansial. Selain itu melalui kegiatan kerja praktek ini juga mahasiswa dapat lebih percaya diri dalam menerapkan teori yang didapat selama perkuliahan, memperoleh gambaran dunia kerja dan juga bagaimana cara membina dan memupuk suatu kerjasama yang baik antara pihak perusahaan, lingkungan pendidikan, dan masyarakat umum.
III.   MATERI KERJA PRAKTEK           
            Materi kerja praktek ini yaitu perencanaan suatu proses penambangan, yang merupakan suatu pedoman dalam proses penambangan sehingga kegiatan penambangan dapat mencapai target yang diinginkan.
IV.    LANDASAN TEORI
            Perencanaan  adalah salah satu tahapan kegiatan dalam proses manajemen. Dalam dunia pertambangan, perencanaan tambang mengacuh pada bagaimana kita bisa membuat rancangan tambang (mencapai ultimate pit limit) dalam jangka waktu tertentu  secara aman dan menguntungkan  dan bagaimana menentukan tahapan penambangan. Tujuan dari pekerjaan perencanaan tambang adalah membuat suatu rencana produksi tambang untuk sebuah cebakanbijih yang akan :
1)       Menghasilkan tonase bijih/bahan galian pada tingkat produksi yang telah ditentukan dengan  biaya yang serendah  mungkin.
2)      Menghasilkan aliran kas (cash flow) yang akan memaksimalkan beberapa kriteria ekonomik seperti rate of return atau net present value.

Perencanaan tambang meliputi beberapa kegiatan yaitu :
1)      Penaksiran sumberdaya dan cadangan
Sumberdaya dan cadangan merupakan salah satu parameter apakah suatu endapan bahan galian mempunyai nilai ekonomis atau tidak. Jumlah cadangan dalam suatu aktivitas  penambangan  menentukan umur perusahaan.
2)      Penentuan pit limit.
Merupakan penentuan batas penambangan pada suatu cebakan bijih (yakni jumlah cadangan dan kadarnya) yang akan memaksimalkan nilai bersih total dari cebakan bijih  tersebut sebelum memasukkan faktor nilai dan uang.   
3)      Perancangan pit dan pusch back
Pushback adalah bentuk bentuk penambangan (mineable geometris) yang menunjukkan bagaimana suatu pit akan ditambang dari titil awal masuk pit hingga ke bentuk akhir pit. Tujuannya untuk membagi seluruh volume yang ada dalam pit kedalam unit unit perencanaan yang lebih kecil sehingga lebih mudah ditangani. Didalamnya termasuk geometri jenjang, kemiringan lereng dan jalan angkut.
4)      Penjadwalan produksi
Tujuannya untuk menghasilkan suatu jadwal untuk mencapai beberapa sasaran/kriteria ekonomik seperti memaksimumkan Net Present Value (NPV) atau Rate Of Return (ROR)
5)      Perencanaan tambang berdasarkan urutan waktu,
Perencanaan tambang ada dua macam yaitu long term yaitu rencana  penambangan jangka panjang biasanya pertahun  dan short time yang merupakan rencana penambangan jangka pendek biasanya perbulan, mingguan.
6)      Perencanaan tampat penimbunan (waste dump) dan stockpile
Waste dump merupakan daerah dimana suatu operasi tambang terbuka dapat membuang material kadar rendah atau material bukan bijih yang harus digali dari pit untuk memperoleh bijih/material kadar tinggi. Sedangkan stockpile merupakan tempat penyimpanan material yang akan digunakan pada saat yang akan datang.
7)      Pemilihan alat.
Untuk mengejar produksi sesuai dengan yang ditargetkan maka perlu dilakukan pemilihan alat baik itu alat angkutdan alat gali dan alat muat serta jumlahnya.
8)      Perhitungan ongkos ongkos operasi kapital.
Perhitungan ongkos ongkos operasi kapital tambang biasanya dinyatakan untuk setiap unit operasi seperti : pemboran, peledakan, pemuatan, kegiatan pendukung utama dan penunjang. Komponen komponen utama untuk ongkos operasi tambang berupa tenaga kerja dan suku cadang serta bahan habis (penggantian karena rusak atau aus, bahan bakar, bahan peledak dan aksesorisnya, oli, pelumas dan filter).  
9)      Evaluasi Finansial
Tujuan evalusi finansial adalah untuk menentukan apakah engembalian finansial yang cukup dapat diperoleh dari suatu proyek. Aspek aspek financial spesifik untuk pertambangan adalah : intensitas capital, masa pra produksi yang panjang, serta resiko besar.
V.  MATA KULIAH PENUNJANG
Materi kerja praktek ini di tunjang oleh beberapa mata kuliah yang telah di ambil sebelumnya oleh mahasiswa yang bersangkutan, yaitu perencanaan tambang, mekanika tanah, mekanika batuan dan sistem dan metode penambangan.
VI. RENCANA KEGIATAN
            Pelaksanaan kerja praktek ini di rencanakan dilakukan selama kurang lebih 2  (dua) bulan yakni bulan Januari sampai Februari 2013 tidak terhitung dari tahap persiapan, yaitu sekitar bulan November sampai Desember 2012 atau disesuaikan dengan kebijakan perusahan, dengan pentahapan kegiatan sebagai berikut :
1.      Persiapan
2.      Kajian pustaka
3.      Kegiatan lapangan, pengolahan dan analisis data
4.      Penyusunan laporan dan seminar
1.      Persiapan
Tahapan ini merupakan tahapan paling awal, sebelum dilaksanakannya kerja  praktek di  lapangan, yang meliputi :
·         Persiapan administrasi dan pengurusan surat-surat izin di kampus
·         Konsultasi dengan pembimbing akademik
·         Pengumpulan berbagai literatur
·         Pengiriman proposal kerja praktek
Kegiatan ini dilakukan selama 4 (dua) minggu.
2.      Kajian Pustaka
Pada tahapan  ini akan dilakukan kajian terhadap buku-buku teks, jurnal, yang   relevan dengan materi kerja praktek. Kajian pustaka ini dilakukan selama pelaksanaan kegiatan KP, baik selama dilapangan maupun dalam analisis dan pengolahan data.
3.      Kegiatan Lapangan dan Analisis Data
Kegiatan ini berlangsung selama 2 bulan. Kegiatan  lapangan meliputi                            pengambilan langsung data data  di lapangan yang berkaitan dengan dalam proses perencanaan tambang dan data data lainnya yang relevan. Selanjutnya data data tersebut diolah dan di analisis di kantor.
4.      Pembuatan Laporan dan Seminar Laporan
       Kegiatan ini merupakan tahap akhir, semua hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk laporan tertulis yang disusun secara sistematis dan teratur sesuai dengan acuan/ kode etik tulisan ilmiah. Kegiatan penyusunan laporan dan seminar laporan dilakukan selama 2 (dua) minggu di lingkup perusahaan tambang, yang selanjutnya akan dipresentasikan di lingkup akademik Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Makassar.
RENCANA DAN JADWAL KEGIATAN
Kegiatan
Tahun 2012
Tahun 2013
November
Desember
Januari
Februari
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Persiapan
















Kajian Pustaka
















Kegiatan lapangan
















Pengolahan data
















Penyusunan Laporan
dan seminar

















Catatan :  Jadwal dapat disesuaikan dengan kesepakatan dan ketentuan pihak perusahaan PT. Newmont Nusa Tenggara


VII. PENUTUP
          Demikian proposal permohonan kerja praktek ini sebagai salah satu pertimbangan bagi pihak Human Resources Department (HRD) PT.Newmont Nusa Tenggara. Besar harapan kami agar kiranya proposal ini disambut dengan senang hati, kesempatan yang diberikan oleh pihak perusahaan tentunya akan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

DAFTAR PUSTAKA
Arif Irwandy.Ir.Dr., Buku Ajar Perencanaan Tambang, ITB, bandung.
Ensiklopedi bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia.
Puslitbang Teknologi Mineral, Edisi 3,2000, Ensiklopedi Pertambangan, Bandung.

Lampiran :
1.  Surat permohonan kerja praktek
2. Surat rekomendasi pembantu Dekan 1 Fakultas Teknik  UNHAS.
3.  Transkrip Nilai
4.  Fotokopi Kartu Mahasiswa
5.  Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)


7 komentar

  1. ITU KANG..
    CURICULUM VITE-E PERLU DI BUAT JUGA YA.?

    BISA NGGAK DI LAMPIRKAN YA??

    BalasHapus
  2. Nda Mesti Juga Sebenarnya, tergantung dari perusahaannya juga. Umumnya surat Rekomendasi Dari jurusan/fakultas yang penting untuk dilampirkan :)

    BalasHapus
  3. rekomendasi perusahaan untuk teknik geodesi dong mas, lagi nyari2 nih buat KP. sektor pertambangan khususnya. Terimakasih

    BalasHapus
  4. Terimah kasih sudah berkunjung ke blog saya.
    silahkan ajukan ke beberapa industri tambang yang kita tahu, misal KPC, Antam atau Freport biasanya aktivitas survey paling sering dilakukan. untuk tambahan mungkin bisa mengajukan ke tempat-tempat berikut:
    PT.MGS (Mahakarya Geo Survey)
    Bidang Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) Deputi Penginderaan Jauh LAPAN Pekayon, Jakarta Timur
    BIG (Pusat Batas Wilayah) di daerah Bogor
    Barata Global Technology yang bertempat di kota Bandung
    BIG (Pusat Jaring kontrol Geodesi dan Geodinamika)
    BIG (Pusat Pemetaan Rupa Bumi dan Toponim) di Cibinong
    PT.Lidar Indonesia
    di PT. ASI Pudjiastuti Geosurvey (Jakarta)

    BalasHapus
  5. nda, saya KP di FBS
    thanks sudah berkunjung

    BalasHapus
  6. Saya Teknik Pertambangan UNLAM 2016.Terimakasih banyak karna konten seperti ini yang saya butuhkan bang, walaupun masih cukup jauh untuk menghadapi KP.skalian Kalo boleh abang kasi saran biar proposal yang diajukan dapat diterima tanpa menunggu respon yang lama, kira-kira tips sama trik nya apa ya bang??? TERIMAKASIH BANYAK

    BalasHapus