PERENCANAAN TAMBANG





MATA KULIAH PENUNJANG DALAM PEKERJAN PERENCANAAN TAMBANG
a.      Penentuan Pit Limit
Mata kuliah yang menunjang yaitu:  
Mekanika Tanah
Mekanika tanah merupakan mata kuliah yang semua pembahasannya berkaitan dengan tanah apakah dari sifat fisik dan mekanikanya. Kegiatan penambangan yang dilakukan di area penambangan berhubungan langsung dengan tanah. Maka dalam penentuan pit limit suatu tambang akan dipengaruhi oleh mekanika tanah yang ada di area tambang itu.
Mekanika Batuan
Dalam area penambangan didapati batuan yang memiliki sifat fisik dan mekanik. Dari sifat fisik dan mekanika batuan yang ada akan mempengaruhi penentuan pit limit suatu tambang. Jika batuan yang didapati memiliki banyak rekahan atau kekerasannya lemah maka daerah sekitar batuan mempunyai resiko yang besar untuk digunakan dalam aktifitas penambangan. Hal inilah yang akan mempengaruhi penentuan pit limit.
Metode Penambangan
Mata kuliah metode penambangan menunjang dalam hal perancangan penentuan pit limit dapat dilihat dari materi-materi kuliah yang dibahas. Dalam kuliah ini dibahas metode-metode penambangan yang digunakan pada kegiatan penambangan. Pemilihan dalam metode penambangan akan mempengaruhi penentuan sebuah pit limit dari sebuah tambang.
b.      Perancangan Pushbacks
Mata kuliah yang menunjang yaitu:
Metode Penambangan
Perancangan dalam melakukan pentahapan tambang sangat ditunjang dari kemampuan dalam memahami metode penambangan yang digunakan dalam area penambangan. Pemahaman ini didapatkan dari mata kuliah ini yaitu metode penambangan.
Rekayasa Perhitungan Cadangan
Mata kuliah ini memberikan input mengenai bagaimana menghitung suatu total cadangan yang terkandung pada suatu daerah. Dari informasi ini kita dapat melakukan pentahapan dalam proses penambangan area mana yang terlebih dahulu di ambil dan yang terakhir.
c.       Penjadwalan Produksi
Mata kuliah yang menunjang yaitu:
Rekayasa Bahan Galian
Bahan galian yang diambil di area penambangan memiliki ciri-ciri tersendiri dan ini akan membutuhkan penanganan tersendiri. Melalui mata kuliah rekayasa bahan galian kita dapat mengetahui ciri-ciri itu. Sifat khas yang dimiliki bahan galian akan berguna dalam hal penjadwalan produksi.
Pengolahan Bahan Galian
Dalam mata kuliah ini dibahas bagaimana memproses bahan galian yang telah diambil di area penambangan untuk dapat di jual kepada pembeli. Proses pengolahan menggunakan alat-alat (mesin) yang banyak dan beragam. Hal inilah yang akan digunakan dalam penjadwalan produksi.
d.      Perencanaan Tambang Berdasarkan Urutan Waktu
Mata kuliah yang menunjang yaitu:
Pemodelan dan evaluasi cadangan
Mata kuliah ini mampu memberikan pengetahuan tentang bagaimana bentuk 3 dimensi dari suatu cadangan bahan galian. Berdasarkan pengetahuan yang didapatkan kita dapat merencanakan bagian mana dari cadangan yang terlebih dahulu diambil. Perencanaan dibagi berdasarkan urutan waktu yaitu hari, minggu, bulan dan tahunan.
e.       Pemilihan Alat
Mata kuliah yang menunjang yaitu:
Pemindahan Tanah Mekanis
Mata kuliah pemindahan tanah mekanis seluruh bahasan materinya berkaitan dengan alat-alat berat. Alat-alat berat memiliki spesifikasi tersendiri yang digunakan untuk tujuan tertentu. Ketika akan melakukan penggalian maka kita akan memilih alat berat yang kegunaannya untuk menggali seperti excavator.
Mekanika Tanah
Alat-alat yang digunakan memiliki beban yang berat serta menimbulkan getaran yang besar ketika di operasikan pada area penambangan. Mata kuliah mekanika tanah sangat berperan penting dalam pemilihan alat yang akan digunakan.
f.       Perhitungan Ongkos-ongkos Operasi dan Kapital
Mata kuliah yang menunjang yaitu :
Analisis Investasi Tambang
Dalam perhitungan ongkos-ongkos operasi dan kapital mata kuliah ekonomi mineral memegang pengaruh yang besar. Dari mata kuliah ini kita dapat mengetahui apakah suatu mineral bernilai ekonomis atau tidak tergantung seberapa jauh kita mampu membaca dan menganalisis kondisi pasar yang ada.
Peledakan
Peledakan dalam suatu operasi penambangan memiliki ongkos yang sangat mahal sehingga peledakan sangan mempengaruhi perhitungan ongkos-ongkos operasi.
Ekonomi Mineral
Dalam ekonomi mineral dipelajari mengenai hukum permintaan dan penawaran yang terjadi pada mekanisme pasar. Ini berpengaruh dalam perhitungan ongkos kapital terhadap suatu area pertambangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar