SARJANA OH SARJANA



Sarjana di Kampus belum kelar terpaksa sarjana di puncak Gunung
            Tak terasa waktu terus berganti sehingga membuat saya lupa kalau saya sekarang berada di semester akhir yakni semester 7 yang notabenenya sudah sibuk sama penyusunan tugas akhir. Namun bagi saya maupun teman-teman yang kuliah di fakultas teknik beranggapan bahwasannya semester 7 baru setengah perjalanan dalam perkuliahan. Beda halnya sama teman-teman dari fakultas lain, semester ini merupakan hari-hari yang cukup sibuk dengan rutinitas penelitian dan penyusunan skripsi.
            Pertanyaan yg sering saya ajukan ke senior ketika saya masih  MABA (mahasiswa baru) “kak, sibuk di apa sekarang? Kapan seminar hasil?” Bagiku pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang mudah untuk dijawab tapi ketika pertanyaan dilontarkan ke saya yang sekarang sudah semester akhir ternyata butuh waktu lama untuk menjawab. Yang membuat saya demikian kerana saya belum bisa pastikan kapan saya bisanya walaupun madding saya dikamar sudah tertulis besar kalau target untuk dapat gelar ST yakni tahun 2013. Mungkin bagi sebagian orang bisa lancer-lancar saja tapi kadang butuh waktu dan proses yang lama untuk menyelesaikan setiap tahapan.
            Mungkin bagi mahasiswa memiliki teori 3K (kos, kampus, kampung) buka pertanyaan yang sulit karena tipe seperti ini titik fokusnya kuliah toh dan bisa sarjana bulan sekian dan tahun sekian. Lain halnya dengan mahasiswa yang organisatoris atau aktivis yang perhatinya tidak cuman pada satu titik yakni kuliah tetapi pada organisasinya, generasi penggantinya, dll yang menjadi bahan pertimbangan mereka jika sarjana.
            Akhir semerter 8 nanti teman-teman saya sudah sibuk ngurusin KP (kerja Praktek). Ada yang   ke jawa, Kalimantan, Sumatra, papua, dan  daerah-daerah yang terdapat industry tambang. Kerja praktek di teknik pertambangan Unhas merupakan salah satu mata kuliah wajib diambil oleh setiap mahasiswa sekaligus merupakan salah satu tahapan untuk bisa menyusun skripsi. Walaupun cuman 2 SKS tapi merupakan sesuatu sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena pada kegiatan kerja praktek ini mahasiswa bisa mengaplikasikan teori-teori yang didapat di kampus ke perusahan atau industry tambang tempat mahasiswa kerja praktek nanti.
             Mendapat gelar sarjana merupakan sesuatu yang sangat dinanti-nanti oleh setiap mahasiswa. Selain kewajiban/amanah dari orang tua telah terlaksana sekaligus tambahan huruf untuk nama kita apakah  ST, S.Ked, S.Kg, S.Si, S.E dll. Hal inilah pulalah yang dinanti-nanti orang tua ketika anaknya bisa sarjana karena mereka merasa pengorbanan untuk membiayai anaknya tidak sia-sia.
Dan pada akhirnya mimpi untuk meraih gelar sarjana tahun 2013 terhapus sudah….. kecewa anaknya orang…. He he he…
Olehnya itu jangan tanyakan kapan bisa sarjana tapi tanyakan pada diri anda apa yang harus anda lakukan agar anda bisa sarjana?
Keep On fighting Till The End

ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar