BERCERITA SAMA SI BLOGGER






Perkembangan teknologi terus meningkat, salah satunya fitur untuk mempablikasikan tulisan-tulisan kita. Misalnya Blog, wordpress, kompasiana dll. Ketiga fitur ini merupakan fitur paling banyak gunakan saat ini untuk mengespresikan tulisan.

Kali ini saya berbicara Blog, berhubung saya lebih aktif menggunakan Blog dibanding fitur-fitur lain.  Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.

Bagi saya, kelebihan blog adalah kenyataan bahwa setiap orang bisa punya media sendiri untuk mengungkapkan berbagai hal yang mereka inginkan dengan cara mereka sendiri. Atau dengan kata lain berfungsi untuk menyimpan semua jenis tulisan mereka. Apakah ceritanya soal jalan-jalan, soal kucing yang ketabrak mobil, soal dikejar anjing di siang bolong,   mau cari duit lewat copy paste artikel demi menaikkan traffic, atau malah mau mengulas soal fenomena politik, atau ilmu pengetahuan lain, itu semua adalah bagian dari kekayaan konten internet Indonesia. Bebas-bebas saja kok. Blog itu kan dunia yang bebas!

Menulis diblog tidak terlalu ribet, tidak perlu riset dan sebagainya. Hanya butuh beberapa menit untuk memikirkan apa yang mau ditulis seperti contoh di atas. Apalagi menulis tentang dayly activity, saya kira itu cukup banyak dan butuh berlembar-lembar untuk menulisnya.

Ada kelakar seorang dosen seorang mahasiswa tingkat akhir:
Dosen



Mahasiswa
:



:
“Menulis selembar untuk bahan skripsi butuh waktu berbulan-bulan  sedangkan   menulis di blog berlembar-lembar cuman waktu cuman butuh satu atau dua hari. Aneh… !”
“Masalahnya gini pak, kalau nulis untuk skripsi itu harus punya referensi yang jelas dan penulisannya sesuai EYD kalau blog kan suka-suka saya. Mau pakai bahasa Gaul, bahasa daerah atau bahasa asing nda ada masalah.” 

Selain itu yang membuat saya tertarik menulis di blog yakni desain atau tampilan dari tiap blog bisa diubah atau ditambahkan animasi-animasi lain sehingga mempercantik blog tersebut. Inilah salah satu kelebihannya ketika kita menulis di blog dibanding menulis di buku harian yang desainnya itu-itu saja dari pertama kali kita miliki. 

Mungkin itu sedikit cerita saya. Jadi, berhentilah berpikir bahwa blog anda tidak penting dan tidak serius dan teruslah berkarya. Kalau blog anda benar-benar tidak penting, anda dan pembaca blog anda akan tahu apa yang harus dilakukan!

Olehnya itu manfaatkan waktu luang anda untuk terus menulis karena menulis bisa menjadikan anda seorang pemimpin yang bijak.  
 “Jangan remehkan kebaikan sekecil apapun, termasuk menulis ‘sesuatu’, mungkin sepele bahkan kita anggap ngga penting, tapi siapa yang tau kalau ternyata tulisan tersebut menyimpan sebuah kebaikan, dan kebaikan tersebut mengalir pada pembacanya, lalu pembacanya memberi tau tentang kebaikan di tulisan itu pada temannya, daaaan seterusnya. Jika makin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya, insyaAllah jadi amal jariyah”
ooO Safaruddin Iyando Ooo

2 komentar

  1. Balasan
    1. mumpung ada waktu, nda masalah kan kalau cuman bercerita sama si blogger. Insya Allah 2017 cerita nanti sama SI Dia dulu baru Si bogger... he he he

      Hapus