Mau ke mana setelah KULIAH?

Sketsa kemana setelah kuliah

Cuman ingin bercerita  tentang inspirasi baru yang saya dapatkan ketika bertemu beliau. Saya lupa kapan waktu tepatnya bertemu beliau, kalaw tidak salah bulan april 2013 kemarin.  Pertemuan itu terjadi di salah satu masjid yang letaknya depan kantor PT.  Semen Tonasa, Pangkep, Sulawesi Selatan. Awalnya saya dan rekan saya ke perusahan PT. Semen Tonasa dalam rangka membawa surat permohonan kegiatan kunjungan industry dari jurusan saya, Teknik Pertambangan UNHAS yang merupakan rangkaian kegiatan Seminar  Nasional yang dilaksanakan PERMATA (Persatuan Mahasiswa Tambang) Unhas.

Beliau bernama Kak Ayyub. Aku lupa angkatan berapa di Fakultas Teknik tapi Beliau merupakan Mantan Ketua Senat Fakultas Teknik Unhas periode 2008-2009. itulah sebabnya saya mengenal beliau di mana saya juga melanjutkan kuliah di Fakultas Teknik walaupun beda jurusan. Selain itu, pernah membawakan materi dalam acara Training For Trainer yang diadakan oleh FLP Sul-Sel yang kebetulan saya mengikuti acara itu.

Setelah shalat Zhuhur, saya sempat ngobrol  dengan beliau mengenai kondosi Fakultas Teknik, serta gimana kabar kawan-kawan di fakultas teknik. Setelah berbicara panjang lebar, ada pertanyaan yang menjadikan inspirasi baru bagi saya yakni:
Kapan mau menikah?
Mau jadi apa setelah Kuliah?
Saya cuman bisa tertawa dan tak jawab apa-apa.

Dua hal itu yang harus dijawab dan harus dipikirkan dengan baik, karena kita tidak selamanya jadi mahasiswa. Kita harus punya target waktu untuk itu, apa lagi masalah penyempurnaan agama, tuturnya.
Sedangkan deskripsi mengenai mau jadi apa setelah kuliah yakni dibagi ke dalam tiga ruang lingkup  yakni:
a.    Ingin menjadi Politisi
b.    Ingin menjadi Pegawai/karyawan
c.     Ingin berniaga/berbisnis
Ketiga ruang lingkup masih bisa dijabarkan seperti gambar di atas.  Ketiga ruang lingkup itu mesti dipikirkan karena akan anda jalani nanti.
Rencanakan, ingin menjadi apa? Lalu siapkan sarana-sarananya untuk mencapai keinginan itu.

Gambatte…..
ooO Safaruddin Iyando Ooo


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar