Uji Seismografi di Daerah Sorowako (PT. VALE)




Mau bagi cerita tetang kegiatanku di sorowako tahun 2012 kemarin.
Rezeki mendadak datang kepada saya yakni mengikuti kegiatan pengambilan data getaran pada permukaan tanah yang dilakukan oleh tim BMKG pusat, Jakarta.  Lokasi kegiatan berlangsung di areal pertambangan PT. Vale sorowako, sulawesi selatan yang berlangsung selama 5 hari yakni 5-10 nov 2012. Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui kondisi gerakan tanah yang ditimbulkan oleh getaran (pengaruh gempabumi) sehingga nantinya bisa diprediksikan wilayah-wilayah yang dampak besar jika terjadi gempabumi.
Tepatnya tanggal 4 November saya meninggal kota makassar untuk berangkat ke sorowako sekitar pukul 19.00 wita dengan menggunakan bus. Untuk bisa mendapatkan bus ke sorowako yakni ke terminal daya . Biaya trasport ke sorowako sekitar 150.000 ribu denga waktu sekitar 13 jam.
Setelah berjalan beberapa jam akhirnya sampai di kota terbersih untuk wilayah sesulsel yakni kota palopo. Selain bersih, ada hal yang menarik yang perlu saya ceritakan yakni para orang tua  bisa berkumpul/mengahadiri suatu kegiatan pada pukul 06.00 yang mana notabene untuk mahasiswa jam kayak gini masih dimanfaatkan untuk tidur. Saya kurang  tahu ini disebabkan  kareana karakter orang tua disini untuk berjiwa disiplin sudah mengakar atau ada sesuatu yang sangat penting yang akan dilaksanakan, saya pun tak tahu yang intinya saya sangat sallut sama mereka.
Tepat pukul 12.00 wita saya sampai di terminal bus sorowako, kemudian saya lanjutkan dengan naik ojek ke alamat yang diberikan yakni di kompleks Salonsa jln. Teratai 10 dengan biaya Rp 10.000-,.
Survey terdiri dari beberapa tim. Namun saya merupakan tim terakhir yang melakukan survey dengan jumlah 5 orang. Kegiatannya tidak rumit, cuman butuh 30 menit untuk pengambilan data untuk tiap titik sampel. Adapun prinsip kerja dari seismometer yakni:
Seismometer adalah seaismograph yang konstanta fisiknya diketahui dengan baik sehingga gerakan tanah yang sebenarnya dapat dihitung dari seismogram. Tetapi seismogram ini mempunyai arti yang lain dari yang biasa dipakai. Sebuah seismograph elektromagnetic terdiri dari sebuah pencatat elektromagnetic (sensor atau detector) yang biasanya merupakan alat bandul dan merupakan galvanometer dengan sebuah alat pencatatnya (recorder). Dengan alat ini biasanya sensor tersebut dikatakan seismometer dan keseluruhannya dinamakan seismograph. Pada waktu sekarang ini kartakteristik dari seismograph secara keseluruhan diketahui dengan baik sehingga dapat memperhitungkan dengan tepat gerakan tanah yang sebenarnya. Untuk selanjutnya istilah seismometer yang akan kita pakai ini berarti sensor atau detectornya.
Prinsip bandul
Apabila terjadi suatu gempa bumi yang cukup kuat, maka gelombang–gelombang elastik dipancarkan dari pusat gempabumi kesemua arah. Apabila suatu seismograph dipasang dipermukaan bumi maka getaran–getaran gempa bumi yang datanga atau melewati seismograph tersebut akan tercatat oleh seismograph tersebut karena segala sesuatu yang berhubungan dengan bumi akan ikut bergetar sedangkan pada seismograph terdapat suatu titik tetap yang tidak ikut bergerak dengan gerakan dari bumi itu. Titk tetap ini adalah pendulum seismograph atau seismograph bandul diantara titik tetap ini dibuat lebih kurang tidak berpengaruh oleh sekitarnya dengan memakai suatu per yang khusus. Umpamanya dalam seismograph komponen vertikal dari model yang paling sederhana dimana masa statisnya ditahan oleh per spiral yang vertikal yang dihubungkan dengan rangkanya yang ikut bergetar dengan bumi apabila terjadi gempabumi, sedangkan masanya tidak bergerak. Seismograph yang paling baik adalah apabila masa statisnya betul – betul tidak ikut bergerak, tetapi hal ini sangat sulit untuk membuatnya dan biasanya masa statisnya ini juga ikut sedikit – sedikit.
Ada tiga macam dalam seismograph :
Damping (penahan)
Untuk mendapatkan catatan yang jelas dari setiap macam gelombang diperlukan supaya segera setelah seismograph habis mencatat 1 gelombang/phase dia harus berhenti sebelum phase yang lain datang. Untuk kepwntingan ini diperlukan adanya damping (penahan). Cara men-damp suatu gerakan catatan gelombang haruslah dibuat kritis supaya hal ini tidak tergantung dari periodenya (unperiodic) hal mana akan menghasilkan catatan gerakan tanah yang terbaik.
 Periode
Dalam seismograph bandul untuk mendapatkan periode bebas seismograph 10 detik atau lebih diperlukan per sebesar ± 25 m (panjang per bertambah dengan kuadrat periodenya). Hal ini menjadikan seismograph tersebut menjadi tidak praktis.
Magnifikasi (pembesaran).
Pada umumnya seismograph translasi menggunakan prinsip yang sama yaitu prinsip bandul.
Yang berbeda hanya dalam cara pencatatanya dan untuk ini kita dapat membedakan 2 cara:
1. Seismograph pencatatan langsung.
2. Seismograph elektromagnetic.
Seismograph pencatatan langsung pada umumnya terdapat pada seismograph wienchert dimana gerakannya dipindahkan dari bandul kepada recording dengan cara mekanisasi murni dan diperbesar menurut panjangnya tangan-tangan.
Ada tiga macam gerakan yang penting dari gerakan partikel (tanah) yaitu :
1. Translasi atau salinan
2. Rotasi atau putaran
3. Deformasi atau perubahan bentuk
my Team
Alhamdulillah saya bertemu kawan-kawan baru serta ilmu baru di mana belum pernah saya lakukan sebelumnya. Terima kasih atas ajakan sehingga saya bisa belajar banyak di sini dan bisa mengijakkan kaki di perusahan nickel terbesar yakni PT. Vale Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar