Perkembangan
teknologi akhir-akhir terus meningkat dengan fitur-fitur terbaru yang membuat
pelanggan atau konsumen terus berdatangan. Baik itu computer, laptop hingga
telephone yang terus terupgrade tiap tahunnya. Tiap-tiap produk saling bersaing
dan selalu menunjukan inovasi baru terhadap produk-produknya agar bisa menarik
perhatian para konsumen.
Hari
ini saya mengantar kawan saya kesalah satu service center salah satu produk
baru di jalan serui, Makassar. Sekitar pukul 11 siang kami sampai disana.
Jejeran motor telah terpakir di depan kantor service center produk tersebut.
Cek percek ternyata motor-motor itu milik para konsumen yang sendang mangadu
atau complain. Hal ini dapat asumsikan bahwa ada yang salah dengan produk ini.
Tips
dari saya sebagai asumsi awal agar kita tahu, apakah produk yang baik atau
tidak sebaiknya kita survey terlebih dahulu service center produk tersebut.
Jika banyak pelanggan yang datang ke tempat tersebut (complain, atau ajukan
garansi dll), ini mengindikasikan produk tersebut gagal. Apalagi penggunaan
dari produk tersebut belum cukup 1 tahun.
Surveynya
cukup 3 hari untuk memastikan rata-rata yang konsumen yang datang. Selamat
mencoba J J J