Mengatasi Masalah Macet


Melakukan perjalanan di sore hari yakni sekitar pukul 16.00 hingga 19.00 di kota Makassar kalian akan menemukan yang namanya macet. Bukan hanya Makassar, di kota kota besar lainnya macet pasti kita temukan. Berbagai solusi sudah dilakukan misalnya, lampu lalulintas, pelebaran jalan, jalan tol. Namun hal tersebut belum bisa mengatasi masalah macet secara efektif.
Pakar ekonomi berpendapat bahwa untuk mengurangi kemacetan yakni mengurangi produksi kendaraan baik itu roda 4 maupun roda 2. Memang benar bahwa, walaupun jalan terus dilebarkan dan pembuatan jalan tol terus ditingkatkan akan tetapi produksi alat transportasi terus meningkat otomatis tetap akan menimbulkan kemacetan. Istilahnya lebih banyak isinya dibandingkan wadah yang disediakan.
Atau kebijakan pemerintah mengenai pengurangan penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke angkutan umum merupakan salah satu solusi yang cukup menjanjikan untuk mengurangi kemacetan. Kebijakan ini mesti didukung dan dioptimalkan. 
Terbayang dalam pikiran ketika balik ke kos dengan suasana macet bahwa salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan  yakni dibuatkan schedule masuk dan pulang kantor tiap/beberapa istansi atau bisa juga jalur. Missalnya istansi/jalur A, B dan C masuk kantornya jam 6 pagi dan pulang jam 15.00. Terus istansi/jalur D, E dan F masuk kantornya jam 7 pagi dan pulang jam 16.00 begitu seterunya.
Harapanya nanti yakni titi-titik macet akibat pertemuan beberapa jalur serta banyaknya kendaraan yang beraktivitas diwaktu-waktu tertentu lebih khususnya pagi (masuk kantor) dan sore hari (pulang kantor) tidak terjadi.

ooO safaruddin iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar