Apakah ini yang dikatakan bahagia? Jika dalam kondisi sesulit apapun engkau masih bisa memberikan senyum manis buat sahabatmu, keluargamu dan orang-orang di sekitarmu. Saya juga belum tahu apa obat/resep  yang engkau gunakan sehingga engkau bisa seperti itu?

Dari kejauhan pancaran kebahagiaan selalu terpancar dari mukamu yang oval dan kemungkinan besar orang-orang di sekitarmu ikut terhipnotis untuk merasakan kebahagiaan yang engkau rasakan termasuk saya pribadi.

Ahh, tak perlu menilainya secara berlebih-lebihan, toh saya juga tidak menganalmu dan hanya melihatmu dari kejauhan bersama jejeran penumpang kelas ekonomi sebuah kapal Pelni.

Perlu belajar banyak untuk bisa mengelola jiwa untuk bisa selalu bahagia walaupun dalam kondisi sesulit apapun. Seperti anak-anak yang menikmati hari-harinya untuk saling canda, bermain, sampai kadang lupa kalau waktu sudah  malam.
Ada satu kata kunci yang perlu kita garis bawahi bahwa
“ Bahagia = Banyak Bersyukur
Banyak bersyukur = Kaya Hati
Kaya Hati = Kaya segala-galanya
Kaya segala-galanya = Bahagia”.

Mesti perlu diaplikasikan hal ini agar kita selalu merasa bahagia walaupun kita sudah berumur tua. Karena dari hal itu kita merasakan hidup yang namanya bahagia.
Catatan @Kapal Pelni Siguntang 3 Oktober 2014.

ooO Safaruddin Iyando Ooo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar