Pertama kali Saya Mengenalmu


Ramma tahun 2010 kemarin

Senang akan ketinggian baru saya nikmati ketika menginjakkan kaki di bangku kuliah. Awal semester tiga baru saya diperkenalkan kalau mendaki gunung seperti ini. Butuh persiapan yang matang dan sebagainya. Kalau tidak salah, waktu itu pertama kalinya saya di ajak ke Ram’ma yakni salah satu tempat camp atau wisata alam yang terkenal di Sulawesi selatan. Ramma merupakan sebuah lembah dengan ketinggian  1600 mdpl. Hal yang paling manajubkan lagi yakni kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan, jadi punya tantangan tersendiri. Selain menahan haus dan lapar sebagai kewajiban umat muslim sekaligus memikul beban peralatan camp sesuatu yang menjadi tantangan tersendiri jika melakukan wisata alam di bulan ramadhan.

Camp atau kegiatan alam lainnya sudah saya geluti sejak saya masih duduk di bangku SMP. Salah satu sarana penunjangnya yakni kegiatan Pramuka. Jadi, punya sedikit dasar kalau bercerita tentang alam atau camp.  Saya tidak tahu apa yang membuat tertarik dengan alam. Tapi menyatu dengan alam memiliki keunikan tersendiri. Kadang tidur hanya dengan beratapkan fly sheet, kadang juga tidur didalam tenda namun tak bisa nyeyak karena ke masukan air hujan atau hanya tidur beralaskan tikar di bawah pohon.

Semenjak dari Ram’ma tersebut saya berinisiatif untuk bisa mendaki gunung-gunug yang ada di Sulawesi Selatan seperti G. Latimojong, G. Lampobatang, G. Bawakaraeng dan G. Bulusaraung. Ke empat gunung tersebut merupakan puncak gunung yang sering di daki para pecinta alam untuk wilayah Sul-Sel, baik itu dalam rangka kegiatan diksar maupun acara ceremonial yang tiap tahun dilaksanakan seperti perayaan 17 Agustus, hari pahlawan atau hari lingkungan hidup.

Untuk merealisasikan itu semua tidak mudah butuh waktu dan moment yang tepat serta  materi yang cukup untuk bisa mencapai itu. Tapi setidaknya kita sudah menang satu langkah dari yang lain di mana sudah memeiliki mimpi untuk bisa mengijakkan kaki ke empat puncak di daerah Sulawesi selatan tersebut. 
ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar