Modal Pasca Kampus





Banyak orang bilang bahwa tantangan hidup sebenarnya dapat rasakan paska kampus. Kadang mereka bingung sendiri apa lagi harus dikerjakan setelah ini? Perlu kita ketahui Dunia pasca kampus merupakan  suatu dunia yang ada setelah kita lulus dari kuliah di mana terdapat 4 tahapan. Tahapa-tahapan itu diantaranya:
  1. Melamar kerja
  2. Menjadi Entrepreneur/Wirausaha
  3. Kuliah lagi
  4. Menikah
Dari semua tahapan tersebut kita memerlukan modal. Tapi apakah modal yang diperlukan untuk membekali dunia pasca kampus tersebut? Sudah jelas kampus yang menjadi modalnya. Dengan adanya kampus, kita bisa belajar banyak hal dari kampus.
Banyak hal yang akan ditemui di dunia pasca kampus, yakni:
1.       Kondisi lingkungan baru
Zona lingkungan yang baru, di mana kita dituntut untuk pintar-pintar beradaptasi agar kita bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar kita. Kita juga harus paham aturan dan belajar dari hal yang sebelumnya
2.       Kawan-kawan baru
Pada kondisi seperti ini, kita pasti menemukan kawan-kawan baru. Kita justru di tuntut untuk saling mengenali kawan-kawan kita. Karena dengan mereka lah kita hidup dan saling tolong menolong. Jika kita tidak mengenali kawan-kawan kita, maka kita akan merasa sangat kesulitan dibantu karena tidak ada orang yang bisa membantu kita.
3.       Saingan baru
Pada kondisi seperti ini, lawan atau saingan baru akan bermunculan. Tapi hal ini bukan dijadikan sebagai musuh, tetapi hal seperti ini harus kita jadikan tolak ukur dalam bersaing di bidang kita.
Melihat kondisi real yang terjadi seperti ke tiga hal tersebut maka harus memeliki modal untuk mengeksekusi masalah-masalah yang akan terjadi pada dunia paska kampus. Modal itu dibedakan menjadi 2 yaitu:
1.       Hard skill
Hard skill merupakan pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang sesuai dengan bidang ilmu.
2.       Soft skill
Soft skill merupakan keterampilan seseorang berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain (Interpersonal skill) yang mampu mengembangkan kinerja dengan maksimal. Persyaratan kerja ada tiga yakni:
  1. Pengetahuan dan keterampilan, IPK adalah aspek paling pertama yang dilihat, harus menguasai bidang soft skill seperti Analisis, Communication dan 2nd language
  2. Sikap (Attitude), Harus memiliki sifat kepemimpinan, Team working, dan dapat bekerja dalam lingkungan dan budaya yang berbeda
  3. Pengenalan sifat pekerjaan terkait,Terlatih dalam etika kerja, memahami makna globalisasi dan fleksibel terhadap pilihan pekerjaan.
Apakah modal anda sudah cukup untuk berhadapan dengan dunia pasca kampus? Mungkin itu pertanyaan yang harus kita jawab oleh diri kita masing-masing.  Oleh karena itu, hal penting yang harus dikembangkan ketika berada di kampus yakni kedua soft skill tadi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar