Kampung Bajo, Boalemo
Ada yang tahu mengenai suku bajo? Mereka dikenal sebagai Nelayan Ulung. Berdasarkan informasi yang saya peroleh, mereka ada di beberapa yang ada di indonesia begitu pula luar negeri.

Ada juga yang mengatakan kalau Mereka pelaut tertangguh di Nusantara. Berabad-abad mengarungi samudera, mereka tersebar di wilayah Segitiga Terumbu Karang di Asia Tenggara, menghuni perairan tepi pantai dengan rumah berfondasi batu dan material kayu.

Mereka adalah Orang Bajo atau kerap juga disebut "Orang Laut", "Sama Bajau" atau "Gipsi Laut". Suku yang bersetubuh dengan laut sejak dulu itu kini tersebar di timur Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Filipina bagian selatan. http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/03/mengungkap-teka-teki-sejarah-suku-bajo

"Ada yang mengatakan Orang Bajo asalnya dari Johor (Malaysia)," kata Grange. "Bahkan kalau kita tanya orang Bajo di Malaysia, mereka bilang asalnya dari Johor. Jadi mereka Pribumi. Di buku sejarah anak di Malaysia, disebutkan juga Orang Bajo dari Johor."

Dasar teori tersebut adalah adanya cerita legenda tentang Puteri Johor. Diceritakan, dahulu Orang Bajo dan Orang Bugis banyak banyak mendiami wilayah Johor hingga akhirnya Puteri Johor hilang.

Orang Bajo diminta untuk mencari sang puteri dan tak boleh kembali sebelum menemukan. Di situlah penjelajahan Orang Bajo dimulai. Karena tak menemukan, maka Orang Bajo pun tak pernah kembali. http://jogja.tribunnews.com/2015/03/12/melacak-asal-usul-suku-bajo

Kemarin sempat mengujungi salah satu kampung Bajo yang ada di Gorontalo. Tepatnya berada di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Lebih kurang 15 menit untuk sampai di kampung ini dari ibukota kabupaten Boalemo. Susunan rumah panggung di pesisir pantai yang saling berhubungan dengan jembatan kayu menjadi salah satu pemandangan yang cukup menarik. Kala itu suasana tak cukup ramai entah mereka sedang mengarungi lautan untuk mencari ikan atau ada hal lain.

Setidaknya harapan saya ke depan bisa berinteraksi dengan mereka untuk tahu lebih banyak mengenai suku Bajo. Selain itu bisa menggali lebih jauh mengenai mereka di beberapa tempat yang ada di indonesia maupun di luar indonesia. Aamiin.


Jejeran rumah kampung Bajo
Jembatan penghubung antar Rumah
Warga Bajo yang baru pulang 


ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar