Pantai Tanjung, Tongkuno, Muna, Sulawesi Tenggara




Berbicara soal wisata di Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Tak terkecuali pulau Sulawesi. Ya, hampir semua daerah di pulau ini menawarkan tempat atau obyek wisata menawan dan menarik untuk dikunjungi.
Hari ini saya memperkenalkan salah satu destinasi wisata pantai yang cukup memikat hati para traveler. Lebih kurang 11 km dari tempat tinggal saya yakni wakuru. Akses jalan cukup menjamin kendaraan roda dua atau empat yakni jalan pengerasan. 


Pasirnya halus dan berwarna putih kekuningan menjadi salah satu ciri tersendiri disini. Panjang garis pantai lebih kurang 50 m. Tepatnya letak pantai Tanjung yakni berada di Desa Matano Oe, Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Desa ini mengalami dua kali perubahan nama, yakni dari Desa Matano oe, berubah menjadi desa Tanjung lalu kembali menjadi Desa Matano oe. Berdasarkan informasi yg saya dapat jumlah KK disini lebih kurang 30 KK. Awalnya desa ini ramai, berhubung ada konflik mengenai admistrasi wilayah sehingga sebagian besar masyarakat di kampung ini pindah.


Satu hal lgi yang menarik yg mesti teman-teman traveler ketahui bahwa sekitar bibir pantai Tanjung terdapat sumber air tawar. Jadi jangan salah bahwa tidak selamanya di pesisir pantai tidak terdapat air tawar. Itu sedikit penjelasan dari pantai tanjung, bagi teman-teman yang hobby traveling tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini.



Memang benar apa yang dikatakan seorang bijak bahwa salah satu yang membuat kita cinta akan indonesia yakni keindahan alamnya. Olehnya itu, jangan habiskan hari-harimu di rumah atau di kantor. Indonesia begitu indah untuk dijelajahi.
~ooO safaruddin iyando Ooo~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar