Desain, kalau bisa sendiri kenapa mesti ke orang lain

Desain

Apa sih yang mesti disiapkan?

Pertanyaan yang cukup mendasar, tentunya perangkat PC atau laptop sebagai penunjang utama. Spesifikasi PC atau Laptop seperti apa yang yang baik digunakan? Tentunya ini mesti dibahas dengan topik tersendiri.

Berhubung untuk sesuatu yang dasar, cukup belajar design dengan aplikasi powerpoint yang tak memerlukan spesikasi PC atau laptop khusus.  Jangan salah, aplikasi powerpoint memiliki banyak fungsi bukan saja untuk presentasi. Desain pamflet bahkan poster bisa dilakukan dengan aplikasi yang sudah cukup familiar di telinga kita.

Untuk menunjang hasil desain dengan menggunakan powerpoint, ada baiknya mempersiapkan tools penunjang seperti berikut: jenis font, background serta icon.

Font

Hasil desain bisa menarik jika font yang digunakan sesuai. So, perangkat computer baiknya diinstallkan terlebih dahulu beberapa jenis font yang menarik. Saya biasanya mendownload jenis font secara gratis di website defont.com seperti gambar berikut:



Background

Background atau latar merupakan item yang cukup membantu dalam mendesain. Biasanya dari background yang ada bisa menghadirkan ide atau gagasan baru. kalau untuk mereka yang sudah mahir, umumnya backgroundnya dibuat sendiri. Tapi kalau seperti saya seorang pemula harus mendownload pada beberapa website gratis. Teman-teman bisa mendapatkan background gratis pada website freepik.com. dan masih banyak lagi website yang menyediakan background gratis. Download backgroundnya disesuaikan dengan tema yang akan didesain misal untuk hari raya, hari kemerdekaan dan lain-lain.



Icon  

Sama halnya dengan background atau latar di atas, ini juga merupakan item yang cukup membantu mempercantik desain kita. Missalnya acara seminar atau kuliah umum, icon yang mesti ada seperti kalender, jam dan lain-lain. Baiknya icon yang didownload berbentuk png agar memudahkan. Untuk website untuk bisa mendapakatkan icon gratis bisa dicoba pada freepik.com juga. Umumnya website menyediakan background dan juga icon.

Referensi design dari orang lain

Namanya juga pemula, mesti memilki referensi untuk rujukan. Paduan dari banyak desain bisa menghasilkan desain baru. Begitu kira-kira. Untuk pemula, bukan persoalan menyontek desain-desain keren. Dari desain-desain tersebut setidaknya bisa memotivasi kita untuk menciptakan desain keren selanjutnya.

Berikut beberapa hasil desain yang saya buat belum lama ini:



ooO Safaruddin Iyando Ooo



4 komentar

  1. Bagus Sob. Izin tinggalkan jejak. By: admin @Bait_Puisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp, ditunggu tulisan-tulisannya
      supaya saya bisa berkunjung

      Hapus
  2. Saya sampai sekarang pengin bisa pakai aplikasi edit gambar macam Photoshop.

    Tapi apa daya, kenyataannya untuk thumbnail yang sering di pakai untuk artikel Dirga ID lebih banyak pakai aplikasi instan macam Canva

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah ada keinginan kemungkinan akan bisa, tinggal praktek saja
      saya juga photoshop otodidak ditambah sering search di youtube

      Hapus