Expedition mengharmoniskan keluarga


Ada yang menarik pada tayangan salah satu chanel favorit saya yakni channel Nat Geo Wild.  Nama acaranya yakni “going wild on the Rock”. Secara garis besar episode acaranya kali ini yakni mengajak orang untuk Expedition dengan tujuan agar konflik yang terjadi pada peserta tersebut terselesaikan dan bisa akur kembali. Untuk kasus kali ini yakni sebuah rumah tangga yang hampir retak yakni keluarga Michael. Keluarga Michael memiliki 4 orang anak. Hubungan Michael dan Istrinya (kym) akhir-akhir ini tidak baik. Keduanya sibuk dengan urusannya masing-masing. Melihat kondisi ini anak pertamanya mengirim surat/berkomunikasi dengan penyelenggara acara “going wild on the rock” agar kedua orangtuanya menjadi peserta dalam kegiatan ini.
Alhasil, Michael dan istrinya setuju untuk mengikuti kegiatan ini. Dengan dibantu seorang guide (atas nama Tim) sekaligus sebagain penengah dalam menyelesaikan konflik yang terjadi. Berdasarkan pengakuan istri Michael, Expedition bukan sesuatu yang menarik dan belum pernah dia coba sebelumnya.
Adapun lokasi Expeditionnya yakni di Owyhee Canyon lands. Daerah ini masih cukup berbahaya berhubung masih ditemukan ular berbisa serta ancaman dari harimau.  
Menjalajahi bebatuan dan serta bukit, menyeberangi sungai serta memanjat tebing bebetuan dengan menggunakan tali menjadi tantangan dalam program ini. Sehingga dibutuhkan kerja sama antara satu sama lain. Disela-sela waktu istrahat guide tersebut membuka percakapan, apa sebenarnya yang terjadi dalam keluarga Michael? Setelah itu, surat-surat anak Michael diperlihatkan sehingga rasa sedih yang timbul pada Michael dan istrinya. Dari hal itu, keduanya mulai terbuka. Mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi dan memecahkan solusi yang terbaik untuk keluarga mereka.
Pada dasarnya Masalah yang timbul dalam keluarga tetap saja ada dan datang silih berganti. Itu semua tidak bisa dihindari.  Hanya saja bagaimana kemampuan kita mengatasinya. Masalah yang umumnya timbul dalam keluarga yakni masalah komunikasi antara suami dan istri serta yang kedua masalah perekonomian. Ditambah lagi sifat ego dari masing-masing individu yang begitu besar menjadi awal keretakan sebuah rumah tangga.
Setelah berjalan kurang lebih tiga hari, kegiatan Expedition tersebut berakhir. diakhir kegiatan Michael dan Istrinya berkomitmen untuk mengembalikan keharmonisan keluarganya seperti dulu.
Kegiatan Expedition atau kegiatan alam lainnya membutuhkan kerjasama dan saling pengertian begitu juga mengelolah keluarga, butuh kerja sama antara istri dan suami serta menghilangkan rasa ego dari diri masing-masing sehingga bisa tercipta keluarga yang harmonis.
Expedition mengajarkan kita tentang kebersamaan, tolong menolong dan sama-sama berusaha bagaimana bisa bertahan hidup dan bisa pulang dengan selamat.  
Noted:
Sebagai masukan, termasuk untuk saya pribadi. Baiknya sekali-sekali mengajak istri atau keluarga melakukan kegiatan expedition. Entah itu camping biasa sambil memancing atau menaklukan puncak gunung. Tergantung kreasinya. Semoga kegiatan-kegiatan demikian bisa mengharmoniskan keluarganya.



ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar