Konsep Hidup a i u e o

Kemarin sempat bertemu dengan salah seorang Tokoh masyarakat dalam kegiatan daerah  di salah satu Hotel. Sembari menunggu kegiatan dimulai, kami sempat berdiskusi mengenai apa saja yang mesti kita miliki dalam menjalankan hidup ini. Menurut beliau ada 5 (lima) hal yang mesti kita miliki dalam hidup ini yang mana dikenal dengan istilah huruf vokal yakni a, i, u, e dan o. Masing-masing huruf vokal ini   memiliki arti tersendiri, yakni:
Huruf a, mengandung arti Agama. Setiap individu di dunia ini mesti memiliki agama. Dengan keyakinan kita terhadap agama pastinya kita bisa menyadari bahwa ada kekuasan yang lebih tinggi dibanding kekuasaan kita yakni Sang Pecipta Allah SWT.
Huruf i, mengandung arti Ilmu. Segala sesuatu yang tidak dilandasi dengan ilmu pengetahuan adalah kesia-sian. Kerena dengan ilmu, kita menyelesaikan yang sulit menjadi mudah atau yang berat menjadi ringan.
Huruf u, bermakna Usaha. Pada hakikatnya dalam menjalankan hidup di dunia ini mesti memiliki usaha atau kerja sehingga kita bisa bertahan hidup.
Huruf e, yakni Ekonomi. Ekonomi di sini merupakan tindaklanjut dari usaha yang kita kerjakan tadi. Di mana kita dituntut untuk memperhitungkan nilai ekonomi dari usaha yang kita kerjakan. Karena pada umumnya setiap saat selalu ada perubahan  yang terjadi.
Dan terakhir Huruf o bermakna Organisasi.  Berorganisasi pada dasarnya kembali lagi hal dasar yakni hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Untuk bisa melakukan perubahan besar mesti dikerjakan secara bersama-sama. Olehnya itu, bergabung dalam organisasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik (dalam hal ini Organisasi yang bernilai positif).


ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar