Pertimbangan Traveling di bulan Desember






Bulan Desember merupakan akhir tahun yang ditunggu-tunggu kalangan orang-orang tertentu. Apakah berkaitan dengan libur panjang, atau perayaan moment akhir tahun. Bagi mereka traveller, termasuk saya pribadi ada kesan tersendiri mengenai bulan Desember yang mesti jadi pertimbangan. Kita ketahui bersama bahwa negara kita indonesia memiliki dua musim, yakni kemarau dan penghujan. Musim hujan di Indonesia biasanya berlangsung bulan November hingga April dan di bulan Desember identik kondisi perubahan cuaca yang begitu drastis. Misalnya kerasnya ombak di lautan atau hujan yang begitu deras. Keduanya cukup mengganggu aktivitas travelling. Apalagi kasus tenggelamnya kapal laut serta jatuhnya pesawat bisa dikatakan disebabkan oleh cuaca yang begitu buruk. Hal ini menjadi trauma bagi mereka yang melakukan perjalanan apalagi di musim pancaroba seperti saat ini di bulan Desember.

Satu hal lagi yang mesti jadi dipertimbangan bagi seorang traveling jika ingin menjelajah indonesia yakni kelengkapan admistrasi pribadi maupun kendaraan yang akan digunakan. Karena umumnya di bulan Desember akan dilaksanakan operasi zebra atau operasi akhir tahun oleh pihak LANTAS.  

Pertimbangan-pertimbangan di atas setidaknya menjadi referensi terkhusus untuk saya pribadi. Bukannya larangan untuk melakukan teraveling di akhir tahun akan tetapi sebagai pengingat di mana di bulan desember identik akan hal tersebut. Mempersiapkan segala sesuatunya untuk menikmati perjalanan akhir tahun tidak ada salahnya selagi untuk memberi kenyamanan kepada kita, traveller.

Selamat menikmati perjalanan akhir tahun …!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar