Hidup sang pencari Koin

Pencari Koin, Bau Bau

Ada yang menarik perhatian saya ketika balik ke daerah asal saya yakni Kota Raha. Memang hal ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Tapi aksi mereka menarik hati saya untuk mengabadikan gambar mereka dengan kamera Nikon yang selalu menemaniku dalam perjalanan. Yaa mereka, sang pencari Koin.

Dengan perahu dayung sebagai kendaraan mereka menghampiri kapal besar yang berlabu di pelabuhan. Kapal besar (PELNI) merupakan sumber rezeki bagi mereka karena biasanya penumpang kapal akan melemparkan koin kepada mereka.  Memang aksi cukup berbabahaya, sehingga pihak kapal melarang para penumpang melemparkan koin ke laut. Tapi ada saja penumpang yang tidak gubris dengan hal itu karena mereka ingin melihat aksi para pencari koin menyelam.

Pencari Koin, Bau bau


Pencari Koin, Bau bau

Pencari Koin, Bau bau

Kapal Pelni Sinabung, Pelabuhan Bau bau


Yaa begitulah para remaja pesisir pantai memanfaatkan kemampuannya. Memang menjadi pencari koin bukan menjadi aktivitas hari-hari. Umumnya diamanfaat untuk memancing namun di sela-sela waktu ketika kapal Besar datang maka ketika itu mereka memanfaatkan kesempatan itu menjadi pencari koin di laut. 

~ooO Safaruddin Iyando Ooo~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar