Karya Anak Bangsa “ Seni Rupa “




Untuk menjadi Negara yang memiliki nilai kompetesi yang tinggi dengan Negara lain yakni harus mengembangkan bakat atau karya anak bangsa. Di mana setiap orang memiliki bakat atau karya yang belum terupgrade atau mereka belum memiliki sarana untuk mengembangkan bakat tersebut. Mungkin ini menjadi PR bagi kita semua untuk bisa melestarikan budaya kita yang ada di Indonesia.
Kemarin 4 Mei, ada hal menarik yang saya ketemukan di taman macan, jalan slamet riyadi Makassar yakni komunitas seni rupa yang sedang melaksanakan pertunjukan hasil karya mereka. Ada banyak hasil karya buat seperti lukisan, boneka dan lain-lain.  Salah satunya Gantungan kunci jari tangan  karya Mahasiswa Seni Rupa UNM, Yuniantari Potongan jari tangan digantung pada ranting berbalut koran. Ujung potongan jari ditusukan pada rantai gantungan kunci. Bergerak kaku oleh tiupan angin di Taman Macan, Jalan Slamet Riyadi. Yuniantari membuat gantungan kunci tersebut menggunakan cetakan lem silikon yang dibentuk pada jari tangan manusia, kemudian diwarnai sehingga menyerupai jari manusia sungguhan.
Gantungan kuncinya sedikit menyeramkan jika dilihat, soalnya mirip dengan bentuk aslinya.

 
Lukisan-lukisan yang dipamerkan umumnya dari tinta atau cat namun ada beberapa hasil karya mereka dari barang-barang bekas seperti ampas kayu, kulit telur, Koran, kertas dll. Mungkin salah satu solusi untuk memanfaatkan benda-benda tak pakai menjadi benda-benda bernilai seni.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar