WORLD HERITAGE DAY “ Museum Kota Makassar ”






Museum Kota Makassar

Ada yang pernah ke Museum Kota Makassar? Pertanyaan itu yang membuat saya bertanya-tanya dimana tempat itu, 4 tahun di Makassar kok saya nda tahu.
Tepatnya kemarin 18 April 2014 saya menyempatkan hadir di meseum ini dalam  acara “WORLD HERITAGE DAY MUSEUM KOTA MAKASSAR” yang diselanggarakan oleh Lontara Project dengan tema “ jaman dulu untuk dinikmati seluruh warga yang tinggal disekitar kota Makassar”
Museum Kota Makassar  merupakan  bangunan dua lantai bergaya Eropa abad ke-17 berdiri dengan gagah yang terletak di jalan Balaikota No. 11, Makassar, Sulawesi Selatan. Di dalam gedung ini tersimpan 560 koleksi benda bersejarah yang merekam perjalanan Kota Makassar dari zaman ke zaman.

Gedung ini awalnya dibangun sebagai kantor pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia timur. Setelah Indonesia merdeka, gedung ini digunakan sebagai Balai Kota Makassar sebelum balai kota dipindahkan ke bekas kantor Gubernur Sulawesi di Jl Ahmad Yani. Pada tahun 1999, gedung itu ditetapkan sebagai gedung museum oleh Wali Kota Makassar, Amiruddin Maula.

Ruang kerja walikota makassar

Meeting room
Koleksi uang zaman dulu
Koleksi uang zaman dulu
foto-foto aktivitas walikota makassar tempo dulu
pak tua dengan gaya tempo dulunya

Satu lagi yang bikin saya berkesan waktu berkunjung ke museum yakni bapak tua yang ditunjukan gambar di atas. Saya lupa Tanya siapa nama beliau tapi pakaiannya dan sepeda tempo dulunya menggambarkan kehidupan zaman dulu yang sulit ditemukan di zaman modern ini.
Terimah kasih panitia pelaksana kegiatan ini, banyak yang harus kita lestarikan terutama budaya serta peninggalan sejarah zaman dulu yang sulit kita temukan saat ini. Ada Satu kata bijak yang perlu kita tahu bahwa “ untuk menjadi pemimpin negeri ini maka harus tahu sejarah”.

ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar