Persiapan Latsar CPNS

Latsar CPNS


Latsar?

Latsar atau Pelatihan Dasar CPNS merupakan diklat pertama yang mesti diikuti oleh CPNS agar statusnya berubah CPNS menjadi PNS, dari gaji 80% menjadi 100%. Orang-orang biasa menyebutnya prajabatan dan ini statusnya wajib bagi setiap CPNS.

Pelaksanaan Latsar CPNS bertujuan untuk membentuk PNS professional yang berkarakter yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap dan perilaku disiplin PNS, nilai-nilai dasar PNS dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional yang berkarakter sebagai pelayan masyarakat.  

Apa yang mesti disiapkan?

Tentunya ada 3 hal penting yang mesti dipersiapkan ketika hendak melaksanakan latsar yakni: Sehat Fisik, Perlengkapan administrasi dan Perlengkapan Personal.

Sehat Fisik

Kenapa hal ini penting? Tentunya agar kita bisa mengikuti latsar dengan baik. Selain itu syarat administrasi menganjurkan kita sehat jasmani dan tidak terindikasi covid-19 yang mana kasus ini masih menjadi bahan perbincangan. Dan salah satu cara untuk menguji adanya indikasi covid-19 yakni dengan rapid test atau SWAB. Dan umumnya jika kita kurang sehat, hasil rapid akan menunjukan reaktif dan kita tidak bisa mengikuti latsar. Sayang kan, ketika sampai di lokasi ternyata hasil rapid reaktif.

Kata teman, “untuk meraik kesuksesan dibutuhkan kondisi tubuh yang sehat

Perlengkapan Administrasi

Perlengkapan administrasi biasanya diumumkan oleh Pihak BKD dari masing-masing daerah 1 atau 2 minggu sebelum kegiatan dilaksanakan. Umumnya perlengkapan administrasi yang mesti disiapkan antara lain:

1.    Bukti Registrasi pada website diklat garbarata (khusus Sulawesi Tenggara) https://www.e.diklatgarbarata.id/auth

2.    Fotocopy KTP

3.    Fotocopy SK 80 %

4.    Surat Keterangan Sehat (Hasil Rapid atau SWAB)

5.    Surat pernyataan kesediaan mengikuti Latsar

6.    Surat Penunjukkan Mentor

7.    Pas Foto 4x6, 3x4 dan 2x3 latar merah

8.    Map Biasa dan Map Sneil Hekter

Perlengkapan Personal

Tentunya perlengkapan personal tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Apa-apa yang mesti dipersiapakan tentunya kita harus melihat dari beberapa sisi seperti tempatnya dimana, ada sanak atau kenalan di lokasi kegiatan, berapa lama di sana. Hal ini penting untuk mengestimasi apa-apa yang mesti dibawah dan apa-apa yang bisa dibeli saat di lokasi kegiatan. Kan tak elok jika banyak dibawah tapi tak digunakan sepenuhnya. Berikut ini List perlengkapan yang mesti disiapkan:

1.    Pakaian hitam putih dan assesorisnya (dasi, papan nama)

2.    Sepatu hitam dan sepatu olahraga

3.    Pakaian olahraga (untuk jaga-jaga saja soalnya pakain olahraga sudah disiapkan khusus di lokasi kegiatan)

4.    Perlengkapan shalat

5.    Pakaian harian secukupnya

6.    Perlengkapan mandi

7.    Laptop dan Flasdisk

8.    Hadset (penting ketika paparan materi via zoom)

9.    Papan colokkan

10. ATK (pena, hekter, pelubang, penjepit kertas, kertas)

11. List Rancangan aktualisasi yang hendak dibuat

Itulah beberapa hal penting yang mesti dipersiapkan untuk kegiatan Latsar CPNS. Semoga bermanfaat!

ooO Safaruddin Iyando Ooo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar