E-Magazine Kementerian

 


Doyan baca,

Suka yang gratisan,

Pengen tahu banyak.

 

Tiga alasan di atas yang menyebabkan hari-hari dihabiskan untuk berselancar di dunia internet. Mencari informasi, mencari berita atau mencari inspirasi, maka alternatef paling muda dan cepat yakni dunia internet.

Minggu kemarin saya penasaran dengan tampilan website kementerian. Informasi apa yang disediakan? Berita apa yang bisa didapat? Saya mengeceknya satu persatu. Masing-masing website memiliki tampilan yang menarik. Pada tahu kan jumlah kementerian yang ada di Indonesia saat ini? Yaa benar, kementerian yang ada di Indonesia berjumlah 34 kementerian.

Dari 34 kementerian tersebut dikelompokan dalam 4 (empat) kategori yakni : Pertama, Kementerian yang jelas nomenklaturnya dalam UUD meliputi:  Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan.

Kedua, Kementerian yang ruang lingkupnya disebutkan dalam UUD 1945 meliputi: Kementerian agama, Kementerian Agraria dan Tata ruang; Kementerian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi; Kementerian Energi dan Sumber daya mineral; Kementerian Hukum dan Hak asasi manusia; Kementerian Kelautan dan Perikanan; Kementerian Kesehatan; Kementerian Ketenagakerjaan; Kementerian Keuangan; Kementerian Komunikasi dan Informatika; Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan; Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan rakyat; Kementerian Pendidikan; Kementerian Perdagangan; Kementerian Perhubungan; Kementerian Perindustrian; Kementerian Pertanian; Kementerian Riset dan Teknologi; Kementerian Sosial.

Ketiga, kementerian yang bertugas menajamkan, mengoordinasikan dan menyinkronisasi program pemerintah meliputi: kementerian secretariat Negara; Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil menengah; Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; Kementerian Pendayaagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi; Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional; Kementerian Badan Usaha Milik Negara; Kementerian Pemuda dan Olahraga; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Keempat, kementerian coordinator meliputi: Kementerian koodinator Bidang Politik hokum dan Keamanan; Kementerian Koordinator bidang perekonomian; kementerian coordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan; serta kementerian koodinator bidang kemaritiman dan investasi.

Ada yang menarik, dari beberapa website kementerian menyediakan E-Magazine. Dari 34 kementerian yang ada, 14 kementerian menyediakan E-Magazine yang bisa didownload gratis. Dari 14 kementerian yang memiliki E-magazine, hanya beberapa yang update hingga 2020 diantarannya kementerian Pariwisata, Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian serta kementerian Luar Negeri.

Kementerian pariwiasata  dengan majalah PESONA

Kementerian PUPR dengan majalah KIPRAH

Kementerian Luar Negeri dengan majalah ASEAN

Kementerian Perindustrian dengan majalah KINA




Itulah sedikit uraiannya e-magazine di beberapa website kementerian. Tak ada salahnya untuk mampir ke website mereka. Ada begitu banyak informasi yang mungkin cukup bermanfaat. Setidaknya bisa menambah referensi bacaan.

Banyak Baca, Banyak Kata, Begitu kira-kira.

ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar