Mitos Sungai Mahakam, Kalimantan

Mahakam
Sungai Mahakam

Tahun 2013 silam, pertama kalinya saya menginjakkan kaki ke pulau terbesar di Indonesia yakni Kalimantan. Tepatnya Balikpapan, kalimatan Timur.  Tujuan saya kala itu yakni melakukan kerja praktek di salah satu perusahaan Batu bara, tepatnya di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Saat berdiskusi dengan rekan-rekan perusahan sempat terlontar mitos bahwa jika mereka-mereka yang telah menikmati (Baca: Minum, mandi) sungai Mahakam kelak akan datang kembali ke tempat ini. Percaya atau tidak, itu sekedar mitos yang beredar di perusahan serta masyarakat setempat.

Tenggarong

Tak sempat menanyakan kembali, awal mulanya mitos ini tersebar di tengah masyarakat. Sehingga topik pembicaraan yang sering dibicarakan ketika berjumpa dengan pendatang baru yakni mitos ini.  

Sedikit informasi sungai Mahakam: memiliki panjang 920 Km dan 13 anak sungai. Selain itu memiliki 147 spisis asli dan yang lebih terkenal yakni pesut Mahakam yang konon terancam punah.

Tulisan ini sebenarnya sekedar mengingatkan saya, apakah kelak saya bisa menginjakkan kaki ke pulau ini dan menyapa kembali sungai Mahakam yang menjadi ikon tersendiri bagi pulau yang dikenal dengan julukan paru-paru dunia atau tidak?

Harapannya ada kesempatan. Entah itu kedua, ataupun ketiga. Atau jika Tuhan Mengizinkan atau berkehendak Seantero pulau kalimatan bisa dijamah satu persatu. 

Mahakam

Mahakam

Erau


ooO Safaruddin Iyando Ooo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar