Tongkuno Selatan


Kecamatan Tongkuno Selatan merupakan bagian dari Wilayah Administratif Kabupaten Muna, pemekaran dari Kecamatan Tongkuno. Kecamatan Tongkuno Selatan terbentuk pada tanggal 10 Januari 2008 berdasarkan Peraturan Pemerintah Kabupaten Muna Nomor 05 Tahun 2008.
Kecamatan Tongkuno Selatan terdiri dari 8 Desa/Kelurahan yakni : Kelurahan Lawama, Desa Labasa, Desa persiapan Labasa Selatan, Desa Lianosa, Desa Watondo, Desa Waale-Ale, Desa Persiapan Waale-ale Barat dan Desa Kulidawa dengan Ibukota Kecamatan yakni Kelurahan Lawama.
Kecamatan Tongkuno Selatan juga merupakan pintu gerbang keluar-masuk perbatasan dengan Kabupaten Buton Tengah dengan batas wilayah sebagai berikut :
·        Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Lahontohe, Desa Matano Oe dan Desa Fongkaniwa (ketiganya termasuk wilayah Kec. Tongkuno )
·       Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Oempu dan Desa Lapadindi (keduanya termasuk wilayah Kec. Tongkuno)
·        Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Lakapera Kec. Gu Kab. Buton Tengah
·        Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Matombura Kec. Bone

Luas wilayah Kecamatan Tongkuno Selatan ± 57,26 Km2 dengan jumlah penduduk per 31 Desember 2017 =  6897 jiwa (Laki-laki = 3242 dan Perempuan = 3653 ) serta jumlah KK = 1733 KK atau 1440 KRT (Kepala Rumah Tangga).



Pulau Muna terdapat 3 (Tiga) Kabupaten yakni Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Tengah. Jarak dari Tongkuno Selatan ke Ibukota kabupaten Muna (Raha) ± 53,3 Km sedangkan jarak ke Ibukota Buton Tengah (Labungkari/Lakudo) ± 21,4 Km. Jarak ke Pusat Pemerintahan  Muna Barat   ± 70 Km.
Untuk informasi tempat wisata dan kuliner nanti dituliskan di sesi selanjutnya berhubung sedang mengumpulkan referensi. Semoga bermanfaat.

ooO Safaruddin Iyando Ooo

2 komentar

  1. Waw, indonesia besar banget. Salam dari orang palembang . INDONESIA

    BalasHapus
  2. Yupss, Apalagi Palembang. daerah yang menarik ....

    BalasHapus