sumber: http://blog.gembaacademy.com/
Kata ini yang sering didapatkan seseorang dimana pun dan kapanpun, baik untuk personal maupun untuk  sebuah lembaga ataupun komunitas.
Yaa, kita sebut saja masalah. orang  barat bilang  it’s problem. Banyak pendapat menyatakan bahwa jika seseorang mendapatkan masalah maka tingkat kedewasaan semakin meningkat (dalam hal ini ia mampu menyelesaikannya). Begitu pula sebuah lembaga/organisasi, ketika organisasi ditimpa oleh masalah maka organisasi tersebut akan tumbuh pesat (jik mampu menyelesaikannya).
Yang perlu kita ingat, apakah kita sebagai individu atau dalam sebuah organisasi bahwa allah memberikan masalah/problem/cobaan sesuai kemampauan individu/organisasi tersebut. Dalam hal ini setiap masalah tentu ada solusinya. Hanya saja keputusan solusi yang diambil kadang tidak sesuai dengan masalah yang hadapi.
Contoh kasus:
Seorang wanita dalam sebuah lembaga tiba2 mengeluarkan sebuat statement bahwa lembaga ini sudah tidak menerapkan nilai2 persahabatan atau dalam istilah islamnya ukhuwah.  Dan wanita tersebut berkeinginan untuk keluar dari lembaga ini. Padahal kalau dilihat dari aktivitas keseharian mungkin wanita adalah woman is one of the match jika dalam dunia sepakbola.
Namun yang menjadi kejanggalannya adalah statement yang tiba-tiba ada. Hal ini umumnya disebabkan oleh adanya sesuatu masalah yang timbul. Apakah antar individu atau individu dengan organisasi yang mana blum ada paparan jelas apa masalahnya?
Memang benar bahwa kita tidak boleh mengambil keputusan berdasarkan kehendak sendiri apalagi itu berkaitan dengan sebuah lembaga atau komunitas. Ada baiknya dibicarakan terlebih dahulu supaya duduk persoalannya bisa di tahu. Kembali lagi ke statmen awal bahwa setiap masalah mempunyai solusi. Dan keputusan yang diambil berdasarkan hasil diskusi/musyawarah lebih baik dari kebutusan berdasarkan kehendak sendiri. Semoga kawan-kawan semua bisa menghadapi masalah-masalah yang timbul dalam organisasi atau lembaga yang teman-teman emban. YAkin Usaha SAmpai
~ooO Safaruddin Iyando Ooo~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar