Perhatian Anda untuk Hari Ini Bukan kemarin atau Esok



Kemarin dan esok sepertinya menjadi perhatian kita. Hari kemarin menginginkan kita untuk mengkritik keputusan masa lalu dan mencemaskan apakah kita telah melakukan tindakan yang tepat. Tetapi hal ini membuang-membuang energy. Seperti yang dikatakan presiden Harry Truman, “jika anda telah melakukan yang terbaik yang anda mampu. Jika anda telah melaksanakan apa yang harus anda lakukan, maka tidak perlu mengkhawatirkannya karena tidak ada yang bisa mengubahnya”.
Masa depan juga dapat menyebabkan kita melewatkan kesempatan yang muncul saat ini. Seperti yang diilustrasikan oleh Barbara Bush bahwa kehidupan ibarat kereta dan stasiun.
Cepat atau lambat, kita akan menyadari bahwa sebenarnya tak ada stasiun dan sesungguhnya kehidupan adalah perjalanan itu sendiri. Bacalah buku, makanlah lebih banyak, lebih seringlah tertawa, bertelanjang kakilah lebih sering. Dan selagi dalam perjalanan, temukan cara untuk membuat dunia menjadi lebih indah.
“Kegembiraan adalah perjalannya dan perjalanan adalah kegembiraannya”
Sebagian besar orang tiba ditujuan yang berbeda dari harapan mereka. Ada yang lebih baik, ada yang lebih buruk, tetapi semuanya berbeda. Jadi, memusatkan perhatian pada tujuan bukanlah ide yang bagus. Selain itu, hari esok mungkin akan tiba. Mungkin saja tidak, tidak jaminan yang pasti.
Satu-satunya tempat kita berkuasa adalah di masa kini. Lakukan apa yang kita bisa di sini dan saat ini juga meskipun kita merasakan ketakutan. Dan kita akan merasa puas saat kita tahu, kita melakukan segalanya dengan kekuatan kita sendiri demi memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

ooO Safaruddin Iyando Ooo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar