PROSES ANALISIS HIERARCHY

PROSES ANALISIS HIERARCHY

a.   Pengertian
Hierarchy yakni identifikasi, pengelompokan, pengarahan.
Secara structural sebagai system struktur kompleks yang menjadi bagian konstituti mereka menurut kekayaan struktur mereka.
Secara fungsional sebagai  system pengurangan kompleks yang menjadi bagian konstitusi mereka menurut hubungan pokok mereka.


a.   Aplikasi

Beberapa aplikasi dari Hierarchy yakni :
a.    Pengambilan keputusan finansial
b.    Pengambilan keputusan pribadi dan domestic
c.    Pengambilan keputusan kebijakan public
d.    Kebijakan ekonomi
e.    Estimasi dan prediksi
f.      Pengambilan keputusan bisnis

   c.   Perbandingan Pairwise

 
   d.   Contoh





 
   e.   Prosedur Penyelesaian Soal:
Contoh : penilaian terhadap pasangan artis dengan 6 kategori yakni kesehatan, kepercayaan, kecerdesan, kecantikan, umur dan rasa tanggung jawab seperti pada gambar dibawah ini.



1.   Step I
Menentukan pilihan konsumen atau pemakai di antara  atribut dengan mengembangkan sebuah matriks yang dibandingkan dengan pasangan atribut lain.


2.   Step II
Menentukan pilihan konsumen yang intens/hebat diantara atribut-atribut dengan mengembangkan 6 matriks yang membangdikan level intesitas pada pasangan dengan respek ke masing-masing atribut.

3.   Step III
Kelompokkan intesitas yang prioritas (high, medium, low) untuk masing-masing dari 6 atribut dalam kolom dan masukkan atribut yang prioritas. Kemudian mengalikan masing-masing kolom dengan prioritas atribut yang cocok.


4.   Step IV
Pilih elemen dari masing-masing kolom yang prioritas tinggi untuk menghasilkan vector dari intesitas atribut yang diinginkan. Kemudian tambahkan nilai barisdan bagikan dengan masing-masing nilai dengan total untuk memperoleh vector normal.

5.   Step V
Menetukan kedudukan hasil dengan mengembangkan matriks yang dibandingkan pada 3 pasangan dengan respek yang paling banyak intesitas atribut yang diinginkan.

6.   Step VI
Mengelompokkan prioritas pada pasangan (x,y,z) dengan respek untuk intesitas atribut yang diinginkan dalam kolomdan masukkan prioritas normal. Kemudian mengalikan masing-masing kolom dengan prioritas normal pada intesitas atribut yang cocok. 


7.   Step VII
Tambahkan masing-masing dari 3 baris untuk memperoleh prioritas secara menyeluruh dari tiga pasangan tadi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar