Berkenalan ala SANDAL Swallow



Swallow (Ambil di Twitter)
Salah satu keunikan bangsa Indonesia yakni terdiri dari berbagai suku dan bahasa yang berbeda-beda yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Memiliki karakter serta gaya bicara (logat) yang berbeda-beda pula. Jadi jangan kaget jika anda berada di daerah rantau, akan anda menemukan bahasa daerah atau logat yang berbeda-beda.
Ada beberapa cara berkenalan yang menurutku agak aneh. Terutama dipengaruhi factor bahasa seseorang seperti yang saya alami sewaktu kuliah. Saya pernah ditape (istilah Makassar = Tampeleng) sama senior waktu masih mengenakan putih hitam (maba). Awalnya saya disuruh mengembalikan Helm di ruang senat Teknik. Maklum masih maba, jadi masih agak canggung ke ruang senat saat itu berhubung saat itu status kami belum resmi menjadi anak teknik. Itu hari tanpa pikir panjang saya langsung membawa helm ke ruang senat sambil menunduk. Yaa masih teringat sewaktu maba, jika berjalan di area teknik mesti menundukkan kepala. Filosifinya yang disampaikan dari senior yakni agar senantiasa sopan jika berada di area teknik.
ketika sampai di ruang senat, saya bertemu dengan beberapa senior. Dan dari situ mereka mengajukan beberapa pertanyaan. Maklum cara bicara (logat) saya masih kental dengan logat daerah asal saya, jadi mereka langsung menebak kalau saya berasal dari Raha/Muna. Saya cuman bisa manggut, dan beberapa saat kemudian tiba-tiba dasar sandal swallow langsung menempel di pipi saya. Dan terdengar ucapannya, “ohhh, orang raha paleee.” Cara berkenalan yang aneh menurutku yakni mendapat tape terlebih dahulu.

ooO Safaruddin Iyando Ooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar